Sepanjang Ramadan, Jalan Kemasan Kotagede Direkayasa Jadi Satu Arah

kebijakan satu arah itu hanya berlaku khusus untuk kendaraan bermotor roda empat. Penerapannya juga sebatas pada sore hari, atau 15.00-18.00.

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Suasana Jalan Kemasan Kotagede, Kota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Kemasan, Kotagede selama Ramadan ini. Hingga kisaran satu bulan ke depan, jalan tersebut diubah menjadi satu arah.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Yogyakarta, Windarto pun menjelaskan, kebijakan satu arah itu hanya berlaku khusus untuk kendaraan bermotor roda empat. Penerapannya juga sebatas pada sore hari, atau 15.00-18.00.

Dipaparkannya, rekayasa tersebut harus ditempuh, karena kondisi Jalan Kemasan yang tak lebar dan terdapat deretan toko kerajinan perak. Ditambah lagi, selama Ramadan, banyak penjaja kuliner di tepi-tepi jalan.

"Penerapan satu arah untuk mobil di Jalan Kemasan ini dari  utara ke selatan. Selama bulan Ramadan banyak pedagang di tepi jalan, makanya rekayasanya kami terapkan jelang buka puasa," cetus Windarto, Rabu (15/4/21).

Menurutnya, dengan lebar jalan yang hanya menyentuh 6 meter, Jalan Kemasan memang sarat kepadatan di jam-jam tertentu. Bahkan, kemacetan total seringkali terjadi selama kendaraan roda empat masih dua arah.

"Nah, kalau itu tetap dua arah, saat ada ada mobil pembeli yang parkir di tepi jalan, lalu lintas di sana benar-benar bisa buntu, atau macet total, ya," tandasnya.

Windarto pun tak menampik, penerapan jalan satu arah tiap menjelang buka puasa di Jalan Kemasan ini sekaligus jadi uji coba. Jika dirasa efektif mendukung kelancaran lalu lintas, ada peluang penerapannya dilanjutkan.

"Kita lihat dulu selama Ramadan bagaimana. Kebijakan ini kan demi kelancaran lalu lintas, serta mendorong aktivitas ekonomi masyarakat. Kalau jalannya lancar, pembeli pun nyaman, tak terganggu," katanya.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved