Ini Langkah yang Harus Dilakukan Agar Mulut Tidak Mengeluarkan Bau Tak Sedap Selama Berpuasa

Bau mulut bisa karena produksi air liur yang berkurang, tumpukan sisa makanan sahur dan buka yang tidak dibersihkan dengan baik, hingga penyakit gigi

Editor: Santo Ari
IST
Ilustrasi perawatan gigi 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - Salah satu masalah yang kerap dialami orang saat berpuasa adalah bau mulut.

Penyebab mulut kita berbau disebabkan oleh beberapa hal. Bisa saja karena produksi air liur yang berkurang, tumpukan sisa makanan sahur dan buka yang tidak dibersihkan dengan baik, hingga penyakit gigi yang belum dirawat.

Saat kondisi tidak sedang menjalankan ibadah puasa, kita bisa saja gosok gigi untuk menghindari bau mulut, atau makan permen penghilang bau mulut.

Namun bagaimana cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada mulut saat berpuasa? Berikut 10 caranya, dilansir dari Kompas.com :

1. Menyikat gigi setelah sahur dan buka puasa

Menyikat gigi adalah kunci agar terhindar dari yang namanya bau mulut. Untuk lebih maksimal, kita disarankan untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan berbuka puasa.

Ini bertujuan untuk mengurangi tumpukan sisa makanan dan bakteri di rongga mulut, sehingga risiko bau tak sedap pada mulut saat berpuasa bisa berkurang.

Kita bisa menggunakan sikat gigi lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mengurangi risiko terbentuknya gigi berlubang. Lalu, sikatlah secara perlahan dari arah gusi ke gigi.

2. Membersihkan permukaan lidah

Tumpukan sisa makanan di lidah bisa memicu bau yang tak sedap. Setelah menyikat gigi, kita bisa membersihkan permukaan lidah kita dengan menggunakan sikat gigi atau pun alat pembersih khusus yakni, tongue scraper yang bisa dibeli di toko kesehatan terdekat.

Bersihkanlah permukaan lidah dengan secara perlahan-lahan, ini untuk menghindari luka pada lidah yang bisa menyebabkan sariawan.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved