Menikmati Shawerma, Kudapan Asli Timur Tengah di Gerai Tarbush

Kebab yang disajikan Tarbush hanya menggunakan daging dari bagian paha sapi, untuk menjaga rasa segar, sekaligus memunculkan kesan juicy di mulut

Editor: Santo Ari
IST
Seorang koki tengah mengolah daging sapi untuk kudapan shawerma di gerai Tarbush. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA  - Hidangan kebab dewasa ini makin mudah dijumpai di Yogyakarta. Namun, apa yang ditawarkan gerai Tarbush layak untuk dicoba, karena diolah langsung oleh koki, plus bahan baku asli dari timur tengah.

Kebab yang disajikan Tarbush hanya menggunakan daging dari bagian paha sapi, untuk menjaga rasa segar, sekaligus memunculkan kesan juicy di mulut. Sementara tata cara pengolahannya pun memakai teknik khusus.

Benar saja, daging baru dipanggang, setelah diolah selama 15 jam, dengan bumbu-bumbu khusus khas timur tengah, yang jarang dijumpai di tanah air. Ya, mulai dari mastika, karawiah, mahleb, sahlab, dan sebagainya.

"Di sini, yang meracik bumbu, memasak, serta menyajikan, kami sendiri, dibantu satu koki yang kami datangkan dari Suriah, untuk menjaga orisinalitas rasanya," ujar satu di antara pemilik Tarbush, Noor Al Shwike.

Ia pun menerangkan, setelah diungkep, daging kemudian dipanggang selama lebih kurang 30 menit secara berputar menggunakan mesin khusus, untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas, dan sesuai selera.

Setelah matang, daging disayat tipis-tipis dengan pisau, dimana selembar roti tortila siap menyambutnya sebagai alas. Dipadukan sayuran segar dan mayonese, kudapan kemudian dipanggang hingga kecoklatan.

"Di tempat asalnya, hidangan ini disebut Shawerma. Dan di tempat ini, kami menyajikannya persis, ya, dengan cita rasa  timur tengah," kata pria asal Yordania itu.

Sementara itu, Ahmad Ali, rekan Noor, yang juga pendiri Tarbush menjelaskan, gerai di Yogyakarta ini, adalah yang pertama di Indonesia. Ia mengatakan, saat ini, gerainya pun telah beroperasi di Jalan Kaliurang Km 5,5.

Menurutnya, dengan daging, serta bumbu-bumbu pilihan, shawerma di Tarbush dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Yakni, Rp29 ribu untuk seporsi isi daging sapi, dan Rp25 ribu untuk varian daging ayam.

"Kami juga menyediakan menu nasi mandi dan nasi putih,  lewat paket daging sapi dan ayam panggang dengan harga mulai Rp 20-75 ribu," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Jogja

Tags
Yogyakarta
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved