Ini Pedoman yang Harus Diperhatikan Bagi Penderita Diabetes saat Berpuasa

Penderita diabetes harus memenuhi gizi seimbang, dengan total karbohidrat sekitar 40-50 persen dengan glikemik indeks (GI) rendah.

Editor: Santo Ari
Tribunnews
Ilustrasi kurma 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - Kolak, es buah banyak dijual saat menjelang berbuka puasa.

Setelah satu hari menahan lapar dan haus, membeli dan menikmati makanan minuman yang manis saat berbuka puasa adalah godaan tersendiri.

Namun bagi penderita diabetes, tentu saja hal tersebut dapat membahayakan tubuh.

Terkait hal tersebut, Federasi Diabetes Internasional dan Aliansi Internasional Diabetes dan Ramadan (DAR) telah mengeluarkan pedoman nutrisi bagi umat Islam dengan diabetes yang menjalankan puasa Ramadan tahun ini.

Berikut pedomannya :

1.Kalori seimbang

Melansir hindustantimes.com, perhatikan konsumsi kalori harian dalam jumlah yang cukup. Kalori harus dibagi antara sahur dan buka puasa. Penderita diabetes juga bisa makan 1 hingga 2 camilan sehat jika perlu.

Penderita diabetes harus memenuhi gizi seimbang, dengan total karbohidrat sekitar 40-50 persen dengan glikemik indeks (GI) rendah.

Perlu juga memenuhi kebutuhan protein dengan konsumsi kacang-kacangan, ikan, unggas, atau daging tanpa lemak dengan jumlah 20-30 persen dari porsi harian.

Tubuh juga membutuhkan lemak sekitar 30-35 persen dari porsi harian.

Lemak yang dimaksud adalah lemak mono dan lemak tak jenuh ganda. Adapun untuk lemak jenuh, harus dibatasi hingga kurang dari 10 persen dari total asupan kalori harian.

2. Pilih karbohidrat rendah GI

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved