PT Angkasa Pura I Luncurkan Airport Education Tour Discover YIA

YIA juga bisa digunakan oleh masyarakat sebagai tempat wisata. Sebelumnya mereka hanya bisa foto di luar bandara. Kini ke bandara bisa belajar.  

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Wisatawan mengikuti Airport Education Tour Discover YIA, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, KULON PROGO - PT Angkasa Pura I (AP 1) meluncurkan program wisata edukasi bertajuk Airport Education Tour Discover YIA pada Senin (12/4/2021). 

Peluncuran dilakukan di Dropzone terminal keberangkatan, Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Temon, Kabupaten Kulon Progo. 

Melalui wisata edukasi ini, pengunjung bisa mengenal lebih jauh apa yang dimiliki oleh Yogyakarta yang direpresentasikan di bandara ini. 

Direktur Pemasaran dan Pelayanan AP 1, Devi Suradji mengatakan YIA dibangun tidak hanya sebagai airport. Namun bisa digunakan oleh masyarakat sebagai tempat wisata. 

Biasanya orang yang piknik ke bandara hanya bisa foto di luar bandara. Kini, mereka datang ke bandara bisa belajar.  

Devi mengklaim wisata berkeliling bandara ini baru pertama kali ada di YIA

"Bahkan untuk bus yang dinaiki ini telah lolos sertifikasi. Jadi jangan harap mendapati bus ini jalan-jalan berkeliling Malioboro. Sebab, bus ini sangat aman digunakan untuk berkeliling di area landside," ucapnya. 

Bahkan, AP 1 menyediakan dua bus berkeliling bandara dengan kapasitas 20 orang setiap busnya. 

Adapun wisata edukasi di Bandara YIA hanya dibanderol harga sebesar Rp 200.000 per orang. 

Akan tetapi, selama empat bulan ke depan harga wisata edukasi dibanderol seharga Rp 85.000 per orang. 

"Nantinya tiap pengunjung diajak mengelilingi airport yang dipandu oleh tour guide dalam memberikan informasi dari awal hingga akhir tour dengan durasi 2 jam," kata dia. 

Rute yang diberikan, pengunjung bisa berkumpul di Dropzone terminal keberangkatan. Kemudian, mereka akan masuk ke zona chek in sampai ruang tunggu penumpang. Hingga berakhir di tempat pengambilan bagasi. 

Lebih lanjut, Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana mengapresiasi wisata edukasi di Bandara YIA yang digagas oleh AP 1 ini. 

Dikarenakan, pengunjung bisa berkeliling bandara sehingga memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka. 

"Kalau jadi penumpang biasanya menuju ruang tunggu dan langsung fligt. Begitu juga mereka yang datang. Namun dengan menikmati wisata edukasi yang disediakan oleh AP 1 ini bisa mengelilingi bandara dengan menggunakan bus," ungkapnya. 

Seorang pengunjung wisata edukasi, Renny Soviahani (51) mengungkapkan setelah mengikuti perjalanan dengan bus, dirinya mendapatkan pengetahuan betapa Bandara YIA dibangun dengan konsep yang matang. 

Bahkan pemandu wisata juga menceritakan konsep detail setiap sudut bandara. 

"Dibuktikan dengan mengikuti program wisata airport education tour YIA ini," kata Renny. 

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi atas keterlibatan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwana X dalam merepresentasikan kekhasan Yogyakarta secara detail di Bandara YIA

Seperti Taman Sari, Plengkung Gading, Pasar Kota Gede dan lain-lain. 

Bahkan pengunjung juga diberikan diskon 10 persen untuk all item jika berbelanja di Pasar Kota Gede yang menjual hasil produk UMKM asal DIY.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved