Ini Syarat dan Petunjuk Pemeriksaan GeNose C19 di YIA

Pendaftaran dapat dilakukan langsung di lokasi maupun secara online melalui website rapid.apsupports.com atau dapat mengunduh aplikasi Farmalab

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Calon penumpang di Bandara YIA menggunakan alat GeNose C19. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di dalam transportasi udara, calon penumpang diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mealkukan perjalan udara.

Selain layanan rapidtest antigen, saat ini layanan GeNose C-19 juga tersedia di YIA

Dilansir dari akun Instagram bandarayogyakarta, disebutkan bahwa area layanan GeNose C19 YIA terletak di lantai mezzanine sisi timur gedung penghubung dan beroperasi setiap hari mulai 1 April 2021, pukul 08.00-16.00 WIB.

Syarat pemeriksaan GeNose C19 di YIA, yaitu:

1. Calon penumpang harus dalam kondisi sehat dan telah memiliki tiket pesawat.

2. Dilarang merokok, makan, dan minum (selain air mineral) selama 30 menit sebelum pemeriksaan sampel nafas.

Petunjuk pemeriksaan GeNose C19 di YIA:

1. Lakukan pendaftaran dan pembayaran dengan menunjukkan kode booking tiket pesawat di loket yang telah tersedia. Adapun tarif layanan GeNose C19 di YIA sebesar Rp 40 ribu.

Saat ini, pendaftaran dapat dilakukan langsung di lokasi maupun secara online melalui website rapid.apsupports.com atau dapat mengunduh aplikasi Farmalab.

2. Setelah melakukan pembayaran, calon penumpang akan diberi kantong GeNose C19 yang telah diberi label nama calon penumpang.

3. Saat pemeriksaan, calon penumpang akan diminta untuk mengambil nafas melalui hidung, dan membuang nafas melalui mulut sebanyak 3 kali. Proses ini bisa dilakukan tanpa melepas masker.

Langkah tersebut terdiri dari 2 kali ambil dan buang nafas di dalam masker, kemudian saat pengambilan nafas ke-3 langsung hembuskan nafas ke dalam kantong hingga penuh.

4. Segera kunci kantong plastik agar udara di dalamnya tidak keluar, kemudian serahkan kantong kepada petugas untuk dianalisis menggunakan alat GeNose C19.

5. Jika hasil tes GeNose C19 positif, maka petugas akan menyampaikan ke calon penumpang bahwa tidak dapat melanjutkan proses keberangkatan dan diarahkan untuk melakukan reschedule penerbangan atau refund.

Kemudian calon penumpang akan diarahkan ke ruang konsultasi/isolasi untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Calon penumpang diimbau melakukan tes kesehatan H-1 sebelum waktu keberangkatan dan tiba di bandara 3-4 jam sebelum waktu keberangkatan supaya perjalanan lebih nyaman.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved