Yogyakarta Sebagai Kota Akulturasi Kuliner

Kuliner khas Yogyakarta merupakan bagian kuliner Indonesia yang sangat kaya akan rempah, budaya dan sejarahnya yang membuatnya semakin istimewa.

Editor: Santo Ari
Ist
Kuliner khas Yogyakarta Gudeg dengan sejumlah isian seperti ayam, telur dan krecek. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Priwisata menyelenggarakan Forum Grup Discusssion (FGD) dengan tema “Kuliner Jogja Menyapa Zaman” bersama Kapurel (Keluarga Public Relations) pada hari Selasa, 6 April 2021 di hotel Phoenix Yogyakarta.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, mengatakan bahwa semua masyarakat dan para pelaku usaha diharapkan dapat bekerjasama dalam mengembangkan dan memperkenalkan kuliner asli Jogja kepada dunia luar.

"Kita harus mempunyai cara pandang yang sama agar kuliner Jogja dapat maju kedepannya dan dikenal masyarakat luas," harap Heroe Purwadi.

Rangkaian Forum Group Discussion kedua ini bermaksud memperkenalkan dan mempromosikan kuliner khas Kota Jogja kepada masyarakat luas, sehingga mereka dapat mengetahui lebih banyak seputar kuliner khas Yogyakarta yang beraneka ragam.

Sementara itu, Minta Harsana Dosen tata boga UNY menyatakan bahwa semua pihak harus memperkenalkan kuliner Kota Yogyakarta yang sangat beraneka ragam, bukan hanya bakpia, yangko, atau geplak saja yang sudah terkenal.

"Yogyakarta juga mempunyai banyak kuliner khas seperti brongkos ayam yang dikenal sebagai makanan bangsawan, ada kuliner akulturasi budaya Belanda seperti kroket, dan lain-lain” terang

Kuliner khas Yogyakarta merupakan bagian kuliner Indonesia yang sangat kaya akan rempah, budaya dan sejarahnya yang membuatnya semakin istimewa.

"Karena kuliner Indonesia itu mempunyai ciri khasnya sendiri, mereka terbentuk dari akulturasi budaya, sejarah yang panjang, rempah-rempah yang melimpah, dan ritual-ritual yang terintegrasi dengan kuliner tersebut," lanjutnya.

Strategi mempromosikan kuliner khas Kota Yogyakarta beserta filosofinya ini harus mencakup seluruh lapisan masyarakat dan generasi.

Kuliner Kota Yogyakarta yang tak lekang oleh zaman di branding dan dikenalkan kepada masyarakat dengan menciptakan image bahwa Yogyakarta adalah kota kuliner yang khas.

“Cara mempromosikan kuliner khas Jogja adalah dengan cara menggali lebih dalam macam-macam kuliner beserta filosofinya dan memperkenalkannya kepada seluruh masyarakat” papar Eunike Martanti selaku konsultan Public Relations.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved