Tradisi Nyadran Jelang Puasa di DIY Harus Berdasarkan Rekomendasi Satgas Desa

Tradisi rutin yang digelar seminggu sebelum ibadah puasa itu kini harus mendapat persetujuan dari tim Satgas Covid-19 dimasing-masing desa/kelurahan

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Seseorang tengah membaca doa-doa di area pemakaman sewu, Wijirejo, Bantul. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Ada yang berbeda dalam pelaksanaan tradisi Nyadran menjelang bulan puasa di tengah pandemi Covid-19 wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tradisi rutin yang digelar seminggu sebelum ibadah puasa itu kini harus mendapat persetujuan dari tim Satgas Covid-19 dimasing-masing desa atau kelurahan.

Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas Covid-19 pemerintah DIY Noviar Rahmad mengatakan, aturan itu tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub) DIY Nomor 24 Tahun 2021 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19.

Dirinya meminta kepada masyarakat supaya mematuhi prokes saat melaksanakan tradisi nyadran.

Pelaksanaan nyadran di tengah pandemi Covid-19 ini pun harus berdasarkan rekomendasi pemerintah desa atau satgas Covid-19 tingkat desa.

"Kalau sesuai pergub 24 itu pelaksanaan nyadran harus direkomendasi dari Satgas Covid-19," katanya, kepada Tribunjogja.com, Minggu (4/4/2021)

Alasannya karena PPKM mikro yang saat ini berlangsung di DIY pengawasannya tidak dilakukan oleh Satpol PP DIY, melainkan pengawasan dan pengamanan dilakukan oleh Satgas Desa.

"Para linmas dan pemerintah desa harus memberikan pengawasan yang ketat, jaga jarak dan lainnya," jelas dia.

Kekhawatiran adanya klaster penularan Covid-19 turut dirasakan olehnya, pasalnya akhir-akhir ini banyak bermunculan klaster Covid-19 dari lingkungan desa di DIY mulai dari klaster Takziah dan lainya.

Masih kata Noviar, aat ini seluruh desa di DIY telah memiliki satgas Covid-19 yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan pengamanan warganya.(*)

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved