Vaksin Covid-19 Pfizer Terbukti 100% Efektif untuk Anak Berusia 12-15 Tahun

Vaksin Covid-19 dari Pfizer terbukti 100% efektif dalam menghentikan penyakit serius akibat virus corona pada usia 12 hingga 15 tahun.

Editor: Santo Ari
AFP/Freepik
Ilustrasi Vaksin Covid-19 dari Pfizer 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - Saat ini telah banyak beredar vaksin Covid-19 dari berbagai perusahaan farmasi di dunia. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan farmasi tengah melakukan penilitian agar anak-anak juga bisa mendapatkan suntikan vaksin.

Salah satunya adalah Vaksin Covid-19 dari Pfizer yang diklaim terbukti aman dan 100% efektif cegah virus corona pada anak usia 12 hingga 15 tahun.

Dilansir Mirror, sebagian besar vaksin Covid-19 yang diluncurkan di seluruh dunia ditujukan untuk populasi yang lebih tua yang lebih berisiko kematian akibat virus tersebut.

Di Inggris, mereka yang paling berisiko dengan kondisi kesehatan bawaan telah diprioritaskan bersama dengan skala usia yang bergeser.

Warga yang diprioritaskan mulai dari 80 tahun ke atas dan terus berlanjut ke bawah hingga menjangkau seluruh populasi.

Vaksin Pfizer, juga disebut sebagai vaksin Pfizer-BioNTech, telah diizinkan untuk anak usia 16 tahun ke atas di AS.

Tetapi vaksin ini belum diberikan secara massal kepada orang-orang yang lebih muda.

Sebab, perlu lebih banyak hasil uji coba untuk dikumpulkan.

Dalam sebuah penelitian terhadap 2.260 sukarelawan di AS yang berusia 12 hingga 15 tahun, data awal menunjukkan tidak ada kasus Covid-19 di antara remaja yang divaksinasi penuh.

Data itu dibandingkan dengan 18 di antara mereka yang diberi suntikan plasebo, kata Pfizer dalam sebuah pernyataan Rabu (31/3/2021) pagi.

Albert Bourla, Chairman dan Chief Executive Officer Pfizer mengatakan:

"Kami sangat mendesak untuk memperluas otorisasi vaksin kami untuk digunakan pada populasi yang lebih muda dengan didorong oleh data uji klinis dari remaja antara usia 12 dan 15 tahun."

"Kami berencana untuk mengirimkan data ini ke FDA sebagai amandemen yang diusulkan untuk Otorisasi Penggunaan Darurat kami dalam beberapa minggu mendatang dan ke regulator lain di seluruh dunia."

"Harapannya kita dapat memulai memvaksinasi kelompok usia ini sebelum dimulainya tahun ajaran berikutnya."

Para peneliti melaporkan antibodi pelawan virus tingkat tinggi pada anak-anak yang divaksinasi dalam uji coba, lebih tinggi daripada penelitian pada orang dewasa muda.

Selain itu, menurut perusahaan, anak-anak yang divaksinasi memiliki efek samping yang serupa dengan yang diderita oleh orang dewasa muda yang diberikan suntikan.

Efek samping itu seperti nyeri lengan, menggigil dan kelelahan.

Pfizer dan mitranya di Jerman, BioNTech, dalam beberapa minggu mendatang berencana untuk meminta Badan Pengawas Obat dan Makanan AS serta regulator Eropa untuk mengizinkan penggunaan darurat vaksin mulai usia 12 tahun.

Minggu lalu, Pfizer memberikan dosis vaksin pertama dalam serangkaian uji coba yang menguji vaksin pada anak-anak yang lebih muda, yang pada akhirnya akan diberikan kepada mereka yang berusia 6 bulan.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Hasil Uji Coba: Vaksin Covid-19 Pfizer Terbukti 100% Efektif untuk Anak 12-15 Tahun

Ikuti kami di
KOMENTAR
978 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved