Cegah Pelaku Teror, Sekretariat Gereja Kotabaru Wajibkan Umat Bawa Kartu Tanda Pengenal

Pengamanan yang dilakukan pihak gereja yakni dengan membuat kartu registrasi umat terlebih dahulu jika hendak mengikuti perayaan ekaristi saat Paskah

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Tim Brimob DIY melakukan sterilisasi ruangan gereja Santo Antonius Padua, Kotabaru dari bahan peledak, Kamis (1/4/2021) 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Pasca kejadian bom bunuh diri di Gereja Katedral Makasar, kini seluruh gereja mengetatkan penjagaannya. Tak terkecuali Gereja Katolik Santo Antonius Padua Kotabaru.

Pengurus Administrasi Umat Sekretariat Gereja Katolik Santo Antonius Padua Kotabaru, Eka Rahayu menjelaskan, untuk meminimalisir adanya penyusup yang hendak membuat teror, pihak gereja menjalankan pengaman berlapis.

Dari segi sisi eksternal pihak gereja menyerahkan pengamanan sepenuhnya kepada Kepolisian dan TNi.

Sementara sisi internal, pengamanan yang dilakukan pihak gereja yakni dengan membuat kartu registrasi umat terlebih dahulu jika hendak mengikuti perayaan ekaristi saat Paskah nanti.

"Kami memang punya data base umat. Ketika ada yang daftar itu dikoordinasikan dengan ketua di masing-masing lingkungan," jelasnya.

Setelah itu, ketua lingkungan akan menyetor data jemaah yang hendak mengikuti misa paskah kepada sekretariat gereja.

Sehingga akan muncul nama-nama yang telah terdaftar, dan saat datang ke gereja, nama yang sudah terdaftar tersebut wajib membawa kartu registrasi sebagai syarat untuk mengikuti perayaan ekaristi saat paskah.

"Umat yang sudah terdaftar itu wajib membawa kartu girik dari kami sebagai tanda masuk. Petugas di parkiran akan menanyakan mana kartunya? Jika tidak ada ya tidak kami bolehkan masuk," katanya.

Eka menuturkan, akan ada beberapa sesi dalam misa paskah nantinya. Untuk hari Jumat (2/4/2021) rencananya ada tiga waktu pelaksaan yakni pukul 14.00 WIB, pukul 17.00 WIB dan 19.00 WIB.

Hari berikutnya yakni Sabtu (3/4/2021) hanya dua kali misa yakni pukul 17.00 WIB dan 19.30 WIB.

Sedangkan hari Minggu (4/4/2021) pelaksanaan misa di gereja Santo Antonius berlangsung tiga kali yakni pukul 07.00 WIB, 10.00 WIB dan 16.30 WIB.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved