Pemkab Magelang Siapkan Paket Wisata untuk Meratakan Kunjungan Wisatawan 

Pemkab Magelang telah menyiapkan program dan kebijakan untuk bersinergi dengan program pariwisata nasional.

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Salah satu objek wisata di sekitaran daerah Candi Borobudur yang tengah bersiap dan bersolek. Pemkab Magelang tengah menyiapkan paket wisata seiring dengan ditetapkannya Borobudur sebagai KSPN. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, MAGELANG - Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein menyebut, ditetapkannya Borobudur sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sedikit banyak bakal berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke daerah setempat. Maka itu, dia menyatakan bahwa Pemkab mesti menangkap peluang dan potensi itu.

"Pastinya akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan ya. Dan itu tentunya kami harus pandai menangkap peluang dengan menyiapkan program dan kebijakan juga tentunya," ucap Husein, Minggu (28/3/2021).

Husein menjelaskan bahwa Pemkab Magelang telah menyiapkan program dan kebijakan untuk bersinergi dengan program pariwisata nasional.

"Kebijakan pembangunan pariwisata dan new normal di Kabupaten Magelang dengan visi pembangunan kepariwisataan yaitu terwujudnya Kabupaten Magelang sebagai kabupaten wisata yang berdaya saing dan berwawasan budaya," terang Husein.

Hal tersebut diterjemahkan dalam program Kawasan Strategis Pariwisata Kabupaten Magelang, terdapat empat tema yaitu :

1. Pengembangan wisata alam dan budaya Gunung Sumbing

2. Pengembangan Saujana Alam Lembah Merapi dan Merbabu

3. Pengembangan Wisata Vulkanologi dan Budaya Merapi

4. Tema Borobudur dalam bayangan Merapi.

Tema tersebut juga mengacu kepada potensi wisata di berbagai penjuru Kabupaten Magelang, mulai dari sisi barat, utara, timur hingga selatan.

"Adanya KSPN tentunya menjadi magnet yang mengundang wisatawan ke Borobudur, maka tugas kita adalah wisatawan dapat juga berkunjung ke semua penjuru Kabupaten Magelang, yang tentunya akan memberi dampak kesejahteraan kepada masyarakat sekitar dan masyarakat Magelang pada umumnya," terang Husein.

Husein menjelaskan secara mekanisme untuk dapat menarik wisatawan agar menyebar ke penjuru Kabupaten Magelang, salah satunya yakni dengan program paket wisata. Selain berkunjung ke Candi Borobudur wisatawan juga diantar berkeliling objek wisata menarik lainnya di Kabupaten Magelang.

Selain itu juga terdapat 61 Desa Wisata se Kabupaten Magelang yang secara administrasi dikuatkan dengan SK Bupati Magelang tentang penetapan Desa Wisata. Hal tersebut untuk memperkuat Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

"Kami fokus kegiatan ke depan penguatan Desa Wisata dengan Bimtek pelatihan untuk kesiapan mereka," papar Husein. (jsf)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved