Begini Penjelasan dan Cara Mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah

KIP-Kuliah adalah upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi

Editor: Santo Ari
https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar Kuliah 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi

Melansir laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, dijelaskan bahwa KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi.

KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Perlu diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini mengalokasikan anggaran KIP Kuliah diberikan kepada 200 ribu mahasiswa baru. Atau KIP Kuliah tidak disediakan bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa kuliah.

Tahapan pendaftaran KIP Kuliah

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved