Kini 1 KTP Boleh Menukarkan Uang Khusus Rp 75 ribu Sebanyak 100 Lembar

Masyarakat bisa menukarkan uang dengan menunjukkan KTP. Dengan satu KTP bisa mendapatkan tukar pecahan Rp75 ribu sebanyak 100 lembar

Editor: Santo Ari
Tribun Jogja
Uang pecahan Rp 75 ribu 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyediakan uang pecahan Rp75 ribu kepada masyarakat yang bisa ditukarkan langsung ke perbankan seluruh DI Yogyakarta.

Deputi Kepala Perwakilan BI DIY, Miyono mengatakan, BI kembali membuka penukaran uang pecahan Rp75 ribu ke masyarakat.

"Untuk saat ini, penukaran kami melalui perbankan. Jadi, masyarakat bisa menukarkan uang dengan menunjukkan KTP. Dengan satu KTP bisa mendapatkan tukar pecahan Rp75 ribu sebanyak 100 lembar," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Kamis (25/03/2021).

BI DIY mengeluarkan uang pecahan Rp75 ribu untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun.

Sebelumnya, BI DIY hanya memperbolehkan penukaran dengan terbatas satu KTP hanya bisa mendapatkan satu lembar uang pecahan Rp75 ribu.

"Sekarang kami perluas untuk masyarakat bisa memiliki uang pecahan ini. Dan, uang pecahan ini juga bisa dibelanjakan," terangnya.

Sementara itu, untuk kuota jumlah uang pecahan Rp75 ribu yang diperuntukkan di DI Yogyakarta, pihaknya mengatakan tidak ada pembatasan.

"Kalau kuota tidak ada, yang penting untuk 1 KTP bisa menukarkan hingga 100 lembar uang pecahan yang dibuat sebagai kenang-kenangan hari Kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Adapun pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia juga telah melalui berbagai perencanaan matang yang dilakukan sejak tahun 2018.

Uang pecahan ini ditujukan sebagai bentuk momentum untuk semua mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia, meskipun saat ini dalam kondisi menghadapi wabah Covid-19.

Peringatan 75 tahun Republik Indonesia merdeka juga ditujukan untuk memperteguh semua di dalam menjaga kebhinekaan dan kesatuan Republik Indonesia serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat dalam menyongsong masa depan dan terus mendukung dan mencapai tujuan kemerdekaan.

Makna filosofis di dalam UPK 75 Tahun RI tersebut terefleksikan dalam disain uang secara utuh

Peristiwa historikal proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 dan berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan menggambarkan wujud mensyukuri kemerdekaan.

Keberagaman pakaian adat dan motif kain nusantara mencerminkan semangat memperteguh kebinekaan.

Satelit Merah Putih, sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045, merupakan optimisme menyongsong masa depan gemilang.

UPK 75 Tahun RI dilengkapi dengan unsur teknologi pengaman terbaru dan menggunakan bahan kertas yang lebih tahan lama.

Inovasi ini dimaksudkan agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman dan aman untuk digunakan, serta lebih sulit untuk dipalsukan.

Sebagaimana Uang Peringatan yang diluncurkan secara khusus pada hari ini, inovasi dan penyegaran uang Rupiah terus dilakukan secara berkala dan terencana untuk memastikan Rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan negara Kesatuan Republik.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
945 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved