Menumbuhkan Minat Baca Melalui Lestari di Masjid Gedhe Kauman

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyediakan layanan internet, bacaan ringan, majalah, hingga koran secara gratis.

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Pemkot Yogyakarta
Literasi Jogja Istimewa 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Pemkot Yogyakarta terus berupaya mengajak masyarakat untuk gemar membaca.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, minat baca masyarakat sangatlah penting, karena semakin tinggi minat baca masyarakat semakin tinggi pula minat belajar yang dimiliki masyarakat.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta memiliki trik tersendiri untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Kota Yogyakarta.

Melalui layanan Lesehan Literasi Jogja Istimewa atau yang biasa disebut dengan “Lestari” Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menyediakan layanan internet, bacaan ringan, majalah, hingga koran secara gratis.

Lestari merupakan program rutin di bawah koordinasi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka Pembinaan Perpustakaan, Data, dan Informasi Perpustakaan.

Layanan ini diselenggarakan pertama kali pada bulan Oktober 2019.

Suasana yang disajikan dalam layanan ini sangatlah nyaman karena bertema lesehan, sehingga membuat kesan santai bagi para pengunjung.

Layanan Lestari menargetkan seluruh lapisan masyarakat umum, yang tidak hanya masyarakat lokal tetapi juga para pendatang sehingga layanan ini sangatlah menarik perhatian masyarakat dan juga wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta.

Awalnya Layanan Lestari dilaksanakan pada pukul 18.00-21.00 WIB tapi dikarenakan pandemi Covid-19 maka ada perubahan waktu pelaksanaan yang diubah menjadi pada sore hari karena menargetkan masyarakat yang pulang bekerja.

Pada saat pandemi ini sudah di uji coba untuk dilaksanakan akan tetapi sepi pengunjung.

Saat ini layanan Lestari dilaksanakan di depan Masjid Gedhe Kauman yang di mulai pukul 09.00 sampai 12.00.

Tetap menghadirkan bacaan-bacaan menarik dan berkualitas dengan nuansa keakraban ala Jogja.(*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved