BPCB DIY Lakukan Pemetaan Selokan Mataram Tahap I

Pemetaan Selokan Mataram Tahap I dilaksanakan pada 18-26 Februari 2021, dengan sasaran di Sungai Opak hingga Jalan Lingkar luar (Ring Road) timur

Editor: Santo Ari
BPCB DIY
Proses pemetaan Selokan Mataram oleh tim dari BPCB DIY 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Selokan Mataram mempunyai fungsi sebagai saluran irigasi dan pengairan sawah di Yogyakarta.

Selokan Mataram yang memiliki panjang 30,8 km dari Bendungan Ancol Bligo hingga Kalasan juga memiliki nilai sejarah.

Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) dalam mengemban tugas pelestarian cagar budaya menjalankan beberapa fungsi, salah satunya yaitu melaksanakan pendokumentasian cagar budaya.

Dilansir dari laman BPCB DIY, pada tahun ini BPCB DIY berencana melakukan kegiatan pemetaan Selokan Mataram sebanyak tiga tahap.

Kegiatan Pemetaan Selokan Mataram Tahap I sudah dilaksanakan pada 18-26 Februari 2021, dengan sasaran Selokan Mataram di Sungai Opak hingga Jalan Lingkar luar (Ring Road) sisi timur.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mendokumentasikan Selokan Mataram dan situs bersejarah lain yang ada di sekitarnya dalam bentuk peta.

Tujuannya untuk mengetahui perubahan yang mungkin terjadi di masa mendatang, terutama yang berkaitan dengan pembangunan yang terjadi di sekitar Selokan Mataram.

Kegiatan Pemetaan Selokan Mataram Tahap I ini dilakukan oleh tim BPCB DIY yang terdiri dari delapan orang personel dari bidang teknis pemetaan, arkeologi, dan sejarah.

Metode yang digunakan ialah metode pengukuran terestrial dibantu dengan interpretasi foto udara, yakni dengan melaku kan pengukuran menggunakan alat berupa TS (total station), teodolith, GPS (Global Positioning System), dan pesawat nirawak (drone mapping).

Hasil data yang didapat, kemudian diolah dengan software. Data yang dihasilkan berupa peta tematik kawasan cagar budaya Selokan Mataram.(*)

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved