Polda DIY Luncurkan Layanan ETLE, e-Form SIM, e-Samsat dan SIM Drive Thru

Ditlantas Polda DIY bekerjasama dengan stakeholder terkait melakukan berbagai inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
ist
Polda DIY 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Pesatnya perkembangan teknologi informasi telah berdampak ke berbagai bidang kehidupan masyarakat, termasuk dalam hal penyelenggaraan pelayanan publik.

Berbagai perubahan dan kemajuan dibidang teknologi tentunya menuntut kesigapan dan kesiapan oleh seluruh instansi pemerintah termasuk Polri untuk segera beradaptasi dan menguasai teknologi guna memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat serta meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan publik.

Dalam rangka adaptasi terhadap teknologi tersebut, Ditlantas Polda DIY bekerjasama dengan stakeholder terkait melakukan berbagai inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang dapat memudahkan masyarakat dan tetap mengutamakan keselamatan di masa pandemi Covid-19.

Diantaranya melalui program inovasi ETLE, e-Form SIM, e-Samsat Dan SIM Drive Thru yang secara resmi diluncurkan pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021 oleh Kapolda DIY bersama Pemerintah Daerah dan instansi terkait.

Diharapkan dengan berbagai pilihan layanan tersebut, pelayanan prima yang mudah, cepat, tepat, transparan, akuntabel dan informatif dapat terwujud dan hal ini selaras dengan program prioritas kapolri dalam hal transformasi pelayanan publik yang berkualitas menuju Polri yang Presisi.

1. Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) 

Merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknolgi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis (Automatic Number Plate Recognition). Rekaman kamera ETLE dapat digunakan sebagai barang bukti dalam perkara pelanggaran lalu lintas.

Adapun alur pelanggar yg terekam ETLE adalah petugas akan mengirimkan bukti pelanggaran ke alamat pelanggar sesuai alamat dan data pemilik kendaraan selanjutnya pelanggar mempunyai waktu 7 hari untuk konfirmasi baik lewat website maupun datang ke posko Subditgakkum Ditlantas Polda DIY.

2. eForm SIM

Merupakan akronim dari elektronik formulir SIM yaitu aplikasi pendaftaran perpanjangan SIM yang bisa diakses melalui website Ditlantas Polda DIY.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved