Pendaftaran UTBK-SBMPTN UGM Telah Dibuka, Ini Tahapannya

Keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Editor: Santo Ari
ugm.ac.id
Balairung UGM 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - UGM telah membuka periode pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sejak Senin (15/3) pukul 15.00 WIB hingga 1 April 2021.

UTBK merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang hasilnya digunakan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM, Dr. Iva Ariani, menjelaskan bahwa keikutsertaan dalam UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Dilansir dari laman ugm.ac.id, UTBK 2021 dapat diikuti oleh siswa lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, 2020, dan 2021, serta lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Setiap peserta hanya diperbolehkan untuk mengikuti UTBK 2021 sebanyak satu kali.

Iva menerangkan, peserta UTBK-SBMPTN harus sudah memiliki akun LTMPT. Secara umum, pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 terdiri atas 7 tahapan.

Adapun tahapan pendaftaran yakni :

1. Peserta melengkapi biodata. Setelah peserta melakukan konfirmasi permanen biodata, peserta kemudian akan memilih program studi.

2. Peserta dapat memilih paling banyak dua program studi di PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri mana pun. \

3. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), peserta mengikuti kelompok ujian Saintek, dan jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum) maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

4. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.

“Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan dari masing-masing peserta,” terang Iva.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved