Ini Layanan yang Akan Diterima Oleh Tenant dalam Inkubasi Bisnis Teknologi Innovating Jogja 2021

Innovating Jogja menjadi pintu bagi ide-ide terbaik melalui proses identifikasi untuk mengembangkan potensi terbaik sesuai kebutuhan.

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
https://innovatingjogja.id/
Layanan pendampingan manajemen usaha dalam Innovating Jogja 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Inkubasi Bisnis Teknologi Innovating Jogja 2021, yang resmi diluncurkan pada Kamis (18/3) secara daring.

Kegiatan Innovating Jogja tahun 2021 berfokus pada optimalisasi pemanfaatan teknologi pada proses bisnis para tenant.

Hasil studi menunjukkan, tantangan utama yang dihadapi adalah menemukan cara terbaik untuk mendorong inovasi bisnis yang potensial dan akurat sekaligus memperkuat peran pemangku kepentingan, seperti balai-balai besar industri di bawah Kementerian Perindustrian.

Namun inovasi bisnis harus tetap mempertimbangkan nilai-nilai lokal Yogyakarta serta visi dari Sri Sultan HB X untuk membangun ekonomi yang bermanfaat bagi semua.

Berdasar studi tersebut, maka diadakanlah Kompetisi Innovating Jogja pada sektor industri batik, kulit dan kerajinan.

Innovating Jogja menjadi pintu bagi ide-ide terbaik melalui proses identifikasi untuk mengembangkan potensi terbaik sesuai kebutuhan.

Innovating Jogja diharapkan dapat menjadi motor penggerak untuk memelihara budaya inovasi di Yogyakarta.

Bagi masyarakat yang tertarik mengembangkan industri kerajinan dan batki dapat mendaftar dengan mengisi formulir online pada website innovatingjogja.id sebelum tanggal 30 April 2021.

Dilansir dari laman inovatingjogja.id, layanan yang diberikan oleh inkubator bisnis teknologi Inovating Jogja Balai besar Kerajinan dan Batik adalah :

1. Pendampingan Teknis Produksi Bagi Tenant Inkubator Melalui Kegiatan

a. Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Inkubator Bisnis Innovating Jogja Balai Besar Kerajinan dan Batik memberikan layanan pendampingan dalam bentuk litbang bahan baku, proses dan desain produk kerajinan dan batik atau melalui pemanfaatan hasil litbang yang telah dilakukan olah BBKB

b. Perekayasaan Peralatan, berupa desain dan rancang bangun peralatan dan mesin kerajinan dan batik.

c. Pelatihan, berupa transfer pengetahuan dan teknologi tertentu kepada tenaga kerja industri/IKM untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi.

d. Konsultasi Standar, berupa penyusunan dan penerapan dokumen sistem manajemen mutu sesuai SNI ISO 9001:2008 untuk industri , cara produksi makanan yang baik dan benar (Good Manufacturing Practice) untuk industri kerajinan dan batik, Labelisasi Batimark serta Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda (SPPT) SNI untuk produk industri.

2. Pendampingan Manajemen Usaha 

Inkubator Bisnis Innovating Jogja Balai Besar Kerajinan dan Batik memberikan layanan pendampingan manajemen bisnis dengan dukungan dari tenaga ahli, bagi tenant inkubator.

3. Fasilitasi Bahan Baku Produksi

Fasilitasi Bahan Baku dan Bahan Pembantu Produksi bagi tenant yang terpilih dalam inkubator senilai Rp 20 Juta. Fasilitasi ini ditujukan sebagai akselerator bisnis inovasi yang akan dikembangkan tenant inkubator Innovating Jogja.

4. Pengujian Mutu Produk

Fasilitasi berupa jasa pengujian mutu bahan baku, bahan pembantu, dan produk tekstil, batik, tekstil produk tekstil (TPT) barang emas dan perak, alat olahraga, serta handuk yang mengacu pada SNI ISO/IEC 17025:2008 dari KAN Badan Standardisasi Nasional bagi tenant inkubator terpilih.

5. Pendaftaran HKI

Fasilitasi pendaftaran HKI bagi tenant yang terpilih, meliputi pendaftaran Merk, Desain Industri, Paten/ Paten Sederhana, atau Hak Cipta

6. Pengembangan Jaringan Usaha dan Pemasaran 

Fasilitasi meliputi kegiatan pameran , Bussines Matching, Temu Pelanggan dan lain.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved