Jangan Buang Kantong Teh Celup Bekas, Ternyata Banyak Manfaaatnya

Saat membuat teh celup, sering kali kita membuang kantong teh celup. Tapi apakah Anda tahu, kantong teh celup bekas ternyata memiliki banyak manfaat

Editor: Santo Ari
Ilustrasi Parapuan Foto 2021-03-14 07:04:32
Ilustrasi teh celup 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM - Teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang. Minuman teh pun sudah banyak dikemas beraneka macam dengan berbagai merek.

Selain itu, tentu saja Anda sudah mengenal dengan teh celup. Masyarakat sering memanfaatkan teh celup untuk membuat teh tanpa meninggalkan ampas teh di dalam gelas.

Saat membuat teh celup, sering kali kita membuang kantong teh celup. Tapi apakah Anda tahu bahwa kantong teh celup bekas ternyata memiliki banyak manfaat.

Simak manfaat kantong teh celup bekas berikut ini :

Mengatasi Kantung Mata dan Mata Lelah

Padatnya aktivitas kerap membuat kita lelah, tak hanya tubuh namun juga mata. Apalagi kalau kita kurang tidur, kantung mata bisa muncul dan semakin terlihat.

Untuk mengatasi kantung mata dan mata lelah, kita bisa memanfaatkan kantong teh celup bekas. Caranya dengan merendam kantong teh celup bekas pakai ke dalam air yang sudah diisi dengan es batu.

Jika sudah cukup dingin, kantong teh celup tadi kita tempelkan pada mata dan kompres. Diamkan beberapa menit sebelum dilepas, mata pun kembali lebih segar.

Bersihkan Noda di Kaca dan Peralatan Masak

Kesal karena kaca di rumah dan peralatan masak kotor? Coba bersihkan dengan kantong teh celup bekas.

Cairan yang tersisa dari kantong teh celup tadi kita gunakan untuk membersihkan kaca dan alat masak. Caranya cukup teteskan cairan tersebut pada kaca atau alat masak yang terkena noda atau kotor. Gosok dulu sebentar dan bilas sesudahnya.

Hasilnya kaca dan alat masak pun seperti baru kembali.

Mengurangi Gatal dan Bekas Gigitan Nyamuk

Bekas gigitan nyamuk pasti membuat kulit terasa gatal dan merah. Untuk mengurangi rasa gatal dan merah di kulit, kita bisa menggunakan kantong teh celup bekas. Kandungan polifenol dan zat antioksidan di dalamnya membuat kulit tetap sehat.

Caranya, kita hanya perlu mengusapkan kantong teh celup tersebut pada kulit. Supaya lebih efektif, sebaiknya usapkan kantong teh celup tersebut masih dalam keadaan hangat.

Tak cukup sekali dilakukan, tetapi ulangi beberapa kali sampai gatalnya menghilang.

Mengobati Bisul

Bisul memang bikin kita tak nyaman ketika melakukan sesuatu, rasanya semua jadi serba salah. Jangan sampai bisul menghambat kegiatan sehari-hari.

Oleh karena itu, segera atasi dengan bahan rumahan yakni kantong teh celup bekas. Cukup kompres bisul menggunakan kantong teh lalu tunggu hingga kering sekitar kurang lebih 15 menit saja.

Lakukan cara ini dengan rutin sampai bisul benar-benar hilang.

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved