Gunakan Cara ini Untuk Mengatasi Kacamata Berembun saat Memakai Masker

sebagian besar dokter menggunakan selotip untuk mencegah kaca mata berembun saat mereka bekerja. Anda bisa membuatnya sendiri

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Masker adalah alat pelindung diri yang wajib kita kenakan saat ini. Namun terkadang memakai masker juga bisa merepotkan bagi orang yang juga menggunakan kacamata. 

Embun yang menempel di kacamata saat memakai masker, tentu saja akan mengganggu penglihatan.

Lalu bagaimana hal itu bisa terjadi? Alasan di balik kacamata berembun saat memakai masker sebenarnya cukup sederhana.

Dilansir Good House Keeping, saat kita memakai masker, napas hangat keluar dari atas masker dan menempel di lensa kacamata yang lebih dingin. Ketika proses ini terjadi, akan menciptakan sesuatu yang disebut kondensasi atau embun.

Kabar baiknya adalah masalah ini bukanlah hal baru. Dokter dan ahli bedah telah menemukan beberapa cara untuk mencegah kacamata berembun saat kita pakai masker.

Dr Jason Brinton, dokter mata terkemuka yang berbasis di St Louis dan pendiri Brinton Vision, memaparkan cara terbaik untuk menjaga agar kacamata Anda tetap bersih dan tidak berembun saat memakai masker, antara lain:

1. Sesuaikan masker agar menempel dengan baik

Banyak masker medis memiliki strip yang dapat ditekuk dan memungkinkan pemakainya menempelkan masker ke hidung dan pipi. Namun, biasanya strip penekuk hanya terdapat pada masker medis.

Lalu, bagaimana jika kita menggunakan masker buatan sendiri atau masker kain? Brinton merekomendasikan dengan menggunakan tali pelintir atau pipa kawat yang dijahit ke bagian atas masker.

Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan masker dengan wajah lebih mudah. Anda juga perlu menyesuaikan strap masker atau loop telinga. Saat masker terpasang dengan benar, sebagian besar napas harus menembus masker, bukan keluar dari atas atau samping.

2. Rekatkan masker Anda

Brinton mengatakan, sebagian besar dokter menggunakan selotip untuk mencegah kaca mata berembun saat mereka bekerja. Anda bisa membuatnya sendiri.

Tempelkan masker Anda di batang hidung dan di pipi. Kemudian ambil selotip jenis apa pun, bisa menggunakan perekat medis, atletik, atau plester luka. Pastikan Anda tidak menggunakan lakban.

Sebelum menentukan selotip yang akan dipakai, ada baiknya untuk uji selotip di bagian lain tubuh untuk memastikan itu tidak mengiritasi kulit.

3. Tarik masker Anda

Cara sederhana untuk mengurangi jumlah embun pada lensa kacamata adalah dengan menarik masker lebih tinggi ke wajah Anda dan menggunakan beban kacamata di atas masker untuk menghalangi aliran udara.

"Berhasil atau tidaknya ini akan tergantung pada bentuk dan riasan kacamata," kata Brinton.

Lebih lanjut, Brinton mengatakan, metode ini paling efektif dengan kacamata bingkai besar dan tebal.

4. Gunakan pembersih atau semprotan kacamata anti-embun

Brinton mengatakan bahwa metode ini dinilai yang paling efektif untuk mengurangi kacamata berembun saat memakai masker. Namun, Brinton mengatakan bahwa pembersih kacamata anti-embun biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal.

Perlu diingat bahwa solusi anti-embun mungkin tidak bekerja dengan baik pada kacamata dengan lapisan tertentu, seperti anti-silau, anti-sidik jari, atau anti-noda. Maka dari itu, penting untuk membaca detail pada setiap produk.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved