Pemda DIY Luncurkan Calender of Event (CoE) 2021 untuk Dongkrak Pemulihan Pariwisata

Dalam Calender of Event (CoE) 2021 tercatat sebanyak 71 event budaya dan pariwisata akan diselenggarakan di DIY pada tahun 2021

visitingjogja
Ilustrasi Calendar of event 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Pemda DIY melalui Dinas Pariwisata DIY resmi meluncurkan Calender of Event (CoE) 2021 dan diperkenalkan kepada khalayak luas guna menggemakan informasi event-event pariwisata dan budaya DIY pada Kamis (4/3/2021).

Peluncuran CoE 2021 yang diinisiasi Pemda DIY, Pemerintah Kabupaten/Kota se-DIY, Badan Otorita Borobudur (BOB) serta komunitas penggiat pariwisata.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman) dan peningkatan branding pariwisata DIY.

Di samping itu, CoE diharapkan mampu mensinergikan penyelenggaraan event di Provinsi dengan Kabupaten/Kota serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY.

Tercatat sebanyak 71 event budaya dan pariwisata akan diselenggarakan di DIY pada tahun 2021.

Event tersebut terbagi ke dalam delapan kategori event dan terpilih 34 ikonik event yang mengedepankan dan mengunggulkan agenda budaya serta pariwisata bertaraf nasional maupun internasional.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, mewakili Gubernur DIY menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan peluncuran CoE 2021.

Menurutnya, kolaborasi lintas lintas instansi sangat dibutuhkan untuk akselerasi pemulihan sektor pariwisata dalam situasi adaptasi kebiasaan baru.

Sri Paduka menambahkan jika kondisi pandemi Covid-19 membuat pemulihan pariwisata DIY tidak mudah dan tidak singkat.

“Ada perubahan preferensi wisatawan pada fase new normal dimana wisatawan lebih mengutamakan faktor higienitas baik pada akomodasi, tempat wisata dan amenitasnya," tandas Wagub.

Tekanan ekonomi akibat Covid-19 ini dapat diatasi dengan cepat melalui sinergitas dan kebulatan tekad.

"Terlebih bila sektor kesehatan melalui program vaksinasi dapat terus menekan persebaran virus Korona, kita akan mendapatkan sukses ganda, ekonomi pulih, rakyat sehat dan selamat dengan meneruskan karya-karya dalam pembangunan," tutur Sri Paduka.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo menjelaskan bahwa hadirnya CoE DIY 2021 ini diharapkan dapat mencapai visi Pemda DIY sebagai pusat pendidikan, budaya, dan daerah tujuan wisata terkemuka di Asia Tenggara dalam lingkungan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera pada 2025.

"Informasi penyelenggaraan event yang tersaji lengkap dalam buku kecil CoE 2021 ini, diharapkan menginspirasi calon wisatawan berkunjung maupun sebagai panduan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke DIY sehingga dapat mengatur jadwal liburan dengan lebih baik," ujarnya.

Tentu dalam pelaksanaan acara, event akan mengikuti kebijakan dari pemerintah sesuai dengan kondisi di tengah masa pandemi Covid-19.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved