Agung Setiawan Bangkitkan Usahanya dengan Membuat Wallpanel Setelah Bertemu Bule yang Kesasar

Ia pun mulai berkreasi mengolah limbah kayu yang ia miliki. Dengan usahanya tersebut, ia mampu menembus pasar Belanda dan Jerman

tribunjogja
Agung menunjukkan kotak perhiasan dan wallpanel yang diolah dari bahan limbah kayu 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, BANTUL - Berawal dari terpuruk setelah ditipu rekannya, Agung Setiawan (42) bangkit dan kembali merintis usaha melalui kerajinan kayu. Kini hasil produknya sudah tembus ke pasar mancanegara.

Saat ditemui di workshop-nya di daerah Sewon, Bantul, Agung menceritakan bahwa pada awal mulanya ia berbisnis jual beli log kayu di tahun 2000. Hingga di tahun 2015 bisnisnya hancur karena ditipu oleh temannya, ia pun mengaku rugi hingga Rp 1 miliar.

Ia kehabisan modal, dan kesulitan akses pinjaman ke bank. Yang tersisa hanyalah limbah kayu sisa usahanya dulu. Di saat ia merasa putus asa, secara tidak sengaja ia bertemu seorang bule asal Belanda.

Bule itu sedang bersepeda dan terpisah dari rombongannya. Karena sepeda yang dinaiki bule tersebut rusak, Agung pun berusaha membantu memperbaikinya.

Dari pertemuan itu, munculah percakapan yang membuat akhirnya Agung bisa memulai usahanya lagi.

"Dia lihat ada kayu-kayu sisa dan bertanya kenapa saya tidak bekerja. Bule itu mengatakan bahwa material kayu yang ada di tempat saya bisa jadi produk yang bagus di negaranya yakni wallpanel," ujarnya.

Begitu ia melihat contoh foto yang dimaksud, ia merasa akan bisa membuat produk tersebut.

Wallpanel atau wall cladding sendiri merupakan penutup dinding dengan ragam dekorasi dan Agung memilih kayu sebagai bahan dasarnya.

Setelah mempelajari bagaimana cara membuatnya, ia pun mulai berkreasi mengolah limbah kayu yang ia miliki. Dengan usahanya tersebut, ia mampu menembus pasar Belanda dan Jerman.

Selain membuat wall panel, ia pun juga membuat kerajinan kayu lainnya, yakni kerajinan pahatan yang juga digemari pangsa pasar luar negeri.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved