Masyarakat Lebih Mudah Menukarkan Uang Lusuh dengan Aplikasi SIPUL OPUK dari Bank Indonesia

SIPUL OPUK merupakan platform digital untuk membantu masyarakat memperoleh uang layak edar dan tepat pecahan.

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
ist
Tangkapan layar aplikasi SIPUL OPUK 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpW BI) DIY meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Penarikan Uang Lusuh dan Optimalisasi Pengedaran Uang Koin (SIPUL OPUK).

Sistem ini diinisiasi oleh KpW BI DIY dengan maksud untuk mengambangkan BI Digital yang merupakan budaya kerja dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi.

Kepala KpW BI DIY, Hilman Tisnawan menjelaskan bahwa aplikasi ini sudah bisa dimanfaatkan di DIY dan juga berpotensi dikembangkan di tingkat nasional.

Adapun SIPUL OPUK merupakan platform digital untuk membantu masyarakat memperoleh uang layak edar dan tepat pecahan.

Jika selama ini masyarakat yang ingin menukarkan uang harus ke bank, maka saat ini BI telah menambah titik penukaran uang.

Tujuannya adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan ke masyarakat.

Masyarakat cukup menggunakan aplikasi ini kemudian mendatangi titik yang menyediakan penukaran uang, ada supermarket, swalayan.

Selain menukarkan uang lusuh, sistem ini juga digunakan untuk optimilasasi uang logam.

Disebutkan, bahwa sejauh ini masyarakat sering kerepotan membawa uang pecahan yang banyak. Yang terjadi, uang-uang tersebut hanya di simpan di rumah saja.

Namun dengan adanya aplikasi ini, pecahan tersebut akan diterima di supermarket. Dan uang yang sudah jelek akan dikumpulkan di titik tertentu dan secara berkala BI akan mengambilnya.

Dengan sistem ini, BI juga terbantu keberadaan retailer karena dapat membantu mengedarkan uang mulai pecahan terkecil sampai terbesar kepada masyarakat secara layak.

Saat pertama diluncurkan pada akhir tahun lalu, KpW BI DIY sudah bekerjasama dengan 12 retailer besar di DIY, dan akan dikembangkan lagi untuk kerjasama yang lebih luas.(*)

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved