Ini Mekanisme Vaksinasi bagi Masyarakat Lansia

Untuk vaksinasi lansia, pemerintah telah menyiapkan dua cara yakni berbasis faskes milik pemerintah/swasta maupun vaksinasi massal di tempat.

Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
tribunjogja
Botol-botol vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang sudah terpakai beberapa waktu lalu 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Vaksinasi tahap kedua bagi kelompok usia diatas 60 tahun akan segera dimulai, terlebih dahulu difokuskan di 34 ibu kota provinsi

Terkait metode pelayanan fasilitas pelayanan vaksinasi bagi masyarakat lansia, pemerintah telah menyiapkan dua cara yakni berbasis faskes milik pemerintah/ swasta maupun vaksinasi massal di tempat.

Dilansir dari Humas Pemda DIY, mekanisme pendaftaran vaksinasi lansia yakni :

Berbasis Faskes (pemerintah)

Untuk vaksinasi di faskes, Peserta dapat mendaftar melalui link pada website Kementerian Kesehatan RI yaitu www.kemkes.go.id, sehatnegeriku.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di covid19.go.id.

Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.

Bagi lansia yang sulit mendaftar, dapat meminta bantuan anggota keluarga maupun RT/RW setempat untuk mendaftar pada link tersebut. Pastikan data yang diisi sudah sesuai.

Setelah mendaftar, seluruh data peserta masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing.

Peserta akan diberikan informasi mengenai jadwal pelaksanaan vaksinasi oleh Dinkes Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Puskesmas dan RS setempat.

Vaksinasi Massal di tempat

Cara kedua yakni vaksinasi massal di tempat. Pada pelaksanaannya, vaksinasi ini boleh diselenggarakan oleh organisasi maupun instansi yang bekerjasama dengan Kemenkes dan Dinkes Provinsi maupun Kabupaten/Kota setempat.

Pelaksana bisa berasal dari instansi (kementerian dan lembaga), organisasi keagamaan, maupun organisasi kemasyarakatan.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Pada pelaksanaannya, vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun.

Pemerintah juga memastikan bahwa tenaga kesehatan dan vaksinator yang terlibat dalam vaksinasi telah terlatih dan berkompeten.

Untuk wilayah Yogyakarta, peserta dapat mendaftar melalui pranala website Kementerian Kesehatan yaitu yogyakarta.kemkes.go.id.

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Kementerian Kesehatan RI Hotline 119 ext 9.(TRIBUNJOGJAWIKI.COM)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved