Kraton Yogyakarta Buka Penerimaan Abdi Dalem di Bidang Kesenian dan Pertunjukan

Kesempatan tersebut terbuka lebar bagi masyarakat yang ingin menjadi abdi dalem, terutama mereka yang ahli di bidang kesenian dan pertunjukan

kratonjogja.id
Aktivitas abdi dalem Kraton Yogyakarta 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Kraton Yogyakarta membuka kesempatan untuk masyarakat yang ingin menjadi abdi dalem.

Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo yang membidangi kesenian dan pertunjukan di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat mengunggah informasi mengenai lowongan penerimaan abdi dalem.

Terdapat empat golongan dalam penerimaan abdi dalem tersebut yaitu wiyaga, pasindhen, lebdaswara, dan musikan.

Ketua Panitia Penerimaan Abdi Dalem Kridhomardowo, MB. Brongtomadyo, Kamis (18/2/2021) memaparkan bahwa selama ini masyarakat  sering bertanya-tanya tentang bagaimana caranya untuk mengabdi di Kraton Yogyakarta

Maka saat ini kesempatan tersebut terbuka lebar bagi masyarakat  yang ingin menjadi abdi dalem, terutama mereka yang ahli di bidang kesenian dan pertunjukan.

MB. Brongtomadyo bersama pengajeng atau pimpinan golongan Wiyaga yaitu MW. Susilomadyo dan teman-teman lain di Kridhomardowo membentuk tim, atas dhawuh KPH Notonegoro selaku penghageng, untuk membuka pendaftaran dan penerimaan secara terbuka.

Adapun syarat umum yang diperlukan adalah :

  1. Bersedia dengan tulus mengabdi di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat
  2. Usia 17 tahun sampai dengan 45 tahun
  3. WNI, domisili DIY dan Jawa Tengah
  4. Bersedia mengikuti tahap seleksi yang diadakan
  5. Dalam video seleksi tahap 1 yang dikirim, peserta wajib untuk memperkenalkan diri (mencakup nama, umur, alamat, dan golongan yang diminati)
  6. Jika dinyatakan lolos semua tahap seleksi, maka peserta bersedia melalui proses magang selama 2 tahun sebelum menjadi abdi dalem.

Sementara syarat khususnya yakni :

Musikan

  1. Laki-laki/perempuan
  2. Bisa membaca not balok
  3. Mampu memainkan salah satu alat musik tiup yaitu, trumpet, trombone, horn, tuba, saxophone alto/tenor, atau alat musik perkusi seperti tambur atau snare drum

Pasindhen

  1. Perempuan
  2. Mampu melakukan/melagukan salah satu sindhenan, dengan materi pilihan : Ladrang Raja Manggala Laras Pelog Pathet Nem, atau Ladang Prabu Mataram Laras Slendro Pathet Sanga (pilih salah satu, notasi ada di website kratonjogja.id)
Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved