Petunjuk Mendapatkan Akses Bed Pasien Covid-19

Pasien gejala sedang dan berat, fasyankes atau RS Rujukan COVID-19 akan mencarikan ruangan di RS Rujukan

kompas.com
Petugas kesehatan sedang berjaga di ruang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit (RS) darurat Kota Bogor, Senin (18/1/2021) 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Diperlukan penanganan khusus bagai pasien Covid-19.

Terkadang masyarakat masih merasa kebingungan tentang apa yang harus dilakukan jika terdiagnosa Covid-19. Termasuk dalam hal mendapatkan akses bed. 

Masyarakat pun diimbau untuk memahami gejala yang dideritanya. Dengan memahami gejala tersebut, maka langkah penanganan berikutnya bisa dilakukan secara tepat.

Berikut ini, petunjuk mendapatkan akses bed pasien Covid-19 bagi masyarakat di lansir dari akun Instragram Humas Pemda DIY :

  1. Pasien yang melakukan tes Covid-19 secara mandiri/tracing dengan hasil positif, wajib melapor ke fasyankes sesuai domisili.
  2. Fasyankes akan melakukan review terhadap laporan pasien. Jika OTG dan bergejala ringan, pasien diminta untuk isolasi mandiri di rumah (selama tidak ada keluarga berusia rentan dan kondisi memungkinkan) atau pun di shelter.
  3. Jika bergejala sedang dan berat, fasyankes atau RS Rujukan COVID-19 akan mencarikan ruangan di RS Rujukan agar pasien segera mendapatkan bed untuk rawat inap.
  4. Jika terlebih dulu pasien telah berada RS dan hasil tes positif, proses pencarian bed rawat inap menjadi tanggung jawab RS.

Selama pandemi tetap waspada dan jaga kesehatan. Hindari kerumunan dan patuhi protokol yang berlaku.

Menjaga kesehatan bukan hanya untuk diri sendiri. Tapi untuk sahabat dan keluarga yang disayangi.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved