Pengecekan Kendaraan di Pintu Masuk DIY Selama Liburan Tahun Baru Imlek

Pelaku perjalanan yang tidak dapat menunjukkan hasil rapid antigen negatif diminta putar balik atau dapat melakukan pemeriksaan di fasyankes terdekat

tribunjogja
Pemeriksaan kendaraan yang masuk ke wilayah DIY di perbatasan Tempel, Sleman Jumat (12/2/2021) 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Menyambut Tahun Baru Imlek 2572, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan pengecekan kendaraan di perbatasan atau pintu masuk DIY.

Menurut keterangan Humas Pemda DIY, terdapat beberapa ketentuan yang dilakukan saat pengecekan pelaku perjalanan yang memasuki dan meninggalkan DIY selama libur Imlek 2021.

Rincian pengecekan yang akan dimulai Kamis (11/02/2021) sore hingga Minggu (14/02/2021) tersebut sebagai berikut:

  1. Pengecekan dilakukan pada pelaku perjalanan yang menggunakan kendaraan pribadi (tidak berlaku bagi kendaraan umum, esensial, dan logistik)
  2. Berkas yang dicek adalah bukti rapid antigen dengan hasil negatif
  3. Pengecekan dilakukan secara acak di tiga titik perbatasan DIY (Prambanan, Tempel, dan Temon)
  4. Pengecekan dilakukan sejak Kamis (11/02) sore hingga Minggu (14/02)
  5. Pelaku perjalanan yang tidak dapat menunjukkan hasil rapid antigen negatif dipersilakan untuk putar balik atau dapat melakukan pemeriksaan di fasyankes sekitar wilayah pengecekan
  6. Pengecekan untuk pelaku perjalanan dengan moda transportasi darat bus umum akan dilakukan di terminal

Masyarakat diimbau untuk senantiasa melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui 5M: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Perjalanan Kereta Api

Sementara itu, sesuai dengan SE No. 7 Satgas Penanganan COVID-19 dan SE No. 20 Kementerian Perhubungan, tanggal 9 Februari 2021, pelanggan yang melakukan perjalanan dengan KA pada libur panjang / libur keagamaan, diwajibkan melakukan tes RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan.

Selain itu, selama libur panjang/libur keagamaan, masa berlaku surat keterangan negatif Covid-19 adalah 1x24 jam dari pengambilan sampel.

Masyarakat diimbau untuk memperhatikan dan mengatur jadwal pemeriksaan Rapid Antigen/GeNose C19 dengan jadwal keberangkatan kereta, jika pemeriksaannya dilakukan di stasiun.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved