Sosis Berbahan Dasar Tempe dan Jamur Tiram, Kaya akan Protein dan Serat

Mahasiswa UNY berinovasi dengan membuat sosis berbahan baku tempe dan jamur tiram.

ist
sosis berbahan dasar tempe dan jamur tiram inovasi dari mahasiswa UNY 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berinovasi dengan membuat sosis yang sama sekali tidak menggunakan daging. Bahan baku sosis diganti dengan tempe dan jamur tiram.

Mereka adalah tiga mahasiswa dari FMIPA UNY, yakni Lutfiah Nur Hidayah dari Program Studi Biologi, Yuliari Suprihatin dari Program Studi Kimia, dan Ahmad Hidayatullah dari Program Studi Pendidikan Biologi.

Tempe merupakan suatu produk hasil fermentasi kedelai oleh Rhizopus sp. yang memiliki kecernaan nutrisi yang tinggi.

Atas dasar itu, para mahasiswa ini membuat sosis dari tempe karena sumber protein tertinggi tidak terletak pada daging, namun terdapat pada kedelai.

Kedelai memiliki kandungan protein sebanyak 34,1-34,3 gram, sedangkan daging ayam 14,5-23,4 gram, dan daging 13,6-21,8 gram.

Dengan ditambahkannya jamur tiram ke dalam sosis tersebut dapat diperoleh sosis yang kaya akan serat karena dalam setiap 100 gram jamur tiram, terdapat 3.44 persen serat kasar.

Jumlah kadar serat tersebut tergolong tinggi dan serat makanan sangat penting bagi kesehatan tubuh, seperti membantu mencegah sembelit, kanker, sakit pada usus besar, menurunkan kadar kolesterol, dan sebagainya.

mahasiswa UNY penemu sosis berbahan dasar tempe dan jamur tiram
mahasiswa UNY penemu sosis berbahan dasar tempe dan jamur tiram (ist)

Sosis lazimnya ditemukan berbahan baku daging, baik daging sapi, ayam, atau ikan. Sedangkan sosis yang produksinya sama sekali tidak mengandung daging disebut sebagai sosis analog. Sosis analog adalah makanan yang dibuat dari bahan bukan daging, tetapi mirip dengan sifat-sifat daging.

Dan oleh ketiga mahasiswa tersebut, sosis mereka dinamai dengan sosis Roompe.

Adapun cara pembuatan sosis Roompee, langkah pertama adalah membuat tepung tempe.

Tempe dipotong dengan lebar 0,5 cm lalu di-blanching pada suhu 100 derajat celcius dalam 15 menit. Setelah itu, dioven pada suhu 55 derajat celcius selama 12 jam, lalu digiling halus.

Jamur tiram juga dicuci bersih dan digiling halus. Pada pembuatan sosisnya, tepung tempe, jamur tiram giling, dan tepung maizena dicampur rata ditambahi garam, telur, gula, minyak, lada, bawang putih, dan air.

Lalu, adonan dituang dalam selongsong sosis. Selongsong tersebut diikat setiap 12 sentimeter lalu direbus selama 15 menit. Dinginkan dan potong tiap ruasnya. Sosis tempe dan jamur tiram siap dikonsumsi.

Produk sosis tanpa daging masih sangat jarang ditemukan. Ketidakhadiran daging dalam pembuatan sosis ini menjadikannya cocok bagi para vegetarian.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved