Pelayanan Donor Plasma Konvalesen untuk Membantu Terapi Pasien Covid-19

Dengan layanan ini, penyintas Covid-19 dapat membantu sesama dengan menyumbangkan plasmanya.

PMI Kota Yogyakarta
PMI Kota Yogyakarta yang berlamat Jl. Tegal Gendu No.25, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYA - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) melalui PMI Kota Yogyakarta mulai melayani donor plasma konvalesen pada Selasa (19/1/2021).

Pelayanan ini diberlakukan pasca pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen oleh Wakil Presiden RI dan PMI Pusat di Jakarta pada Senin (19/1/2021).

Saat ini, pelayanan donor plasma konvalesen baru tersedia di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Yogyakarta.

Dan diharapkan ke depan semua Unit Donor Darah PMI DIY dapat melakukan pelayanan donor plasma konvalesen.

Dengan layanan ini, penyintas Covid-19 dapat membantu sesama dengan menyumbangkan plasmanya.

Kerja sama dengan pemerintah daerah, rumah sakit rujukan Covid pun menjadi penting untuk bersama-bersama mengurangi dampak pandemi ini.

Adapun plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan digunakan sebagai salah satu terapi pasien Covid-19 yang sedang dalam masa perawatan.

Sejak dibukanya pendaftaran pada Senin (18/1/2021), PMI Kota Yogyakarta sudah mengundang beberapa calon pendonor plasma untuk pengambilan sampel dan pemeriksaan antibodi darah dari penyintas Covid-19

Persyaratan Donor Plasma Konvalesen 

Calon pendonor darah plasma konvalesen yang akan mendonorkan darahnya bisa menghubungi kontak person UDD Kota Yogyakarta atas nama Noor Edy Hidayatullah melalui nomor WhatsApp +62 898-8056-779 atau mengisi formulir dengan link https://forms.gle/9ZiZDVo44w591Y337.

Setiap calon pendonor yang telah mengisi formulir online akan dihubungi UDD Kota Yogyakarta untuk pengambilan sampel pemeriksaan antibodi dan anamnesis atau bisa datang langsung ke UDD PMI Kota Yogyakarta mulai pukul 9.00-19.00 WIB.

Selanjutnya, PMI akan membuat jadwal sesuai kesepakatan kapan donor darah bisa dilakukan.

Adapun calon pendonor plasma konvalesen adalah mereka yang mempunyai riwayat terkonfirmasi Covid-19 dengan swab RT PCR dan sudah dinyatakan sembuh dengan hasil RT PCR 1 kali pemeriksaan swab dengan hasil RT PCR negatif, diutamakan calon pendonor adalah laki-laki berusia 18-60 tahun dengan berat badan minimal 55 Kg, jika perempuan belum pernah hamil atau melahirkan.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Santo Ari
Editor: Santo Ari
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved