Koleksi Menarik di Museum Geoteknologi Mineral (GTM) UPN Veteran Yogyakarta

Banyak koleksi yang ada di Museum ini. Namun untuk memudahkan, museum membagi koleksi menjadi empat bagian.

geoteknologi.museum.upnyk.ac.id
Pengunjung berfoto di depan bangunan museum Geoteknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Museum GTM mempunyai koleksi berbagai fosil, jenis mineral, batuan, bahan galian, gambar/panel dan maket yang berhubungan dengan ilmu kebumian maupun rekayasa teknologi ilmu kebumian.

Koleksi museum ini dapat dikelompokkan menjadi 4 bidang, yaitu :

Bidang Geologi

Koleksi pada bidang ini menyajikan visualisasi sejarah terjadinya bumi, geodinamika kerak bumi, batuan, dan mineral penyusunnya, serta kehidupan jutaan tahun yang lalu. Tak ketinggalan, terdapat pula maket dan gambar yang berkaitan dengan geologi sebagai pelengkap pada bagian geologi ini.

Bidang Pertambangan

Koleksi pertambangan menampilkan berbagai mineral dan batuan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar dan ornamen untuk lantai. Maket sistem tambang terbuka maupun tambang bawah tanah (Underground Mining) serta beberapa perlengkapan peledakan dan peralatan pengolahan bahan galian juga termasuk dalam koleksi pada bidang ini.

Baca juga: Tujuan Berdirinya Museum Geoteknologi Mineral (GTM) UPN Veteran Yogyakarta

Baca juga: Layanan Rawat Jalan di RSUP Dr Sardjito, dari Anak, Jantung, Penyakit Dalam hingga Kulit dan Kelamin

Bidang Perminyakan

Koleksi bidang perminyakan meliputi maket konstruksi anjungan peralatan eksplorasi maupun eksploitasi (rig produksi) minyak bumi, minyak lepas pantai dan beberapa contoh minyak mentah yang belum maupun yang sudah diolah menjadi bahan bakar atau bahan baku industri kimia.

Bidang Pertanian

Koleksi pada bidang ini menampilkan berbagai monolit, profil tanah Vertisol, Andisol, Inceptisol, Alfisol, Oxisol dan Regosol yang mirip dengan aslinya dan dilengkapi dengan penjelasan sifat kimia dan fisika berbagai kandungan unsur hara untuk berbagai jenis tanaman

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved