Masa Migrasi kampus FK UGM dan Klinik-klinik RS UGM dari Berbagai Wilayah ke Bulaksumur

Babak ini mengilustrasikan Pembangunan RS di lokasi sekarang dibawah pimpinan Prof. Ismangoen.

Dok Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta
Sosok Prof Dr dr Sardjito. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Babak ini mengilustrasikan Pembangunan RS di lokasi sekarang dibawah pimpinan Prof. Ismangoen.

Seiring waktu kebutuhan praktek perkuliahan dan pelayanan kesehatan semakin bertambah, sehingga rumah sakit ini dikembangkan menjadi klinik kesehatan yang terpecah dalam beberapa tempat selain Mangkubumen pada 1954 antara lain di Bugisan, Pugeran, Mangkuyudan, Mangkuwilayan, Limaran (Loji Kecil), Kompleks Sriwedari dan Karang Malang.

Masing-masing klinik memberikan pelayanan kesehatan sesuai dengan departemen masing-masing dibawah pengelolaan Departemen Kesehatan RI.

Di tengah perkembangannya, Doktor Sardjito memiliki ide untuk membangun rumah sakit pendidikan yang dikelola bersama oleh Departemen Kesehatan dan Pendidikan Republik Indonesia.

Karena keterbatasan lahan, cita-cita ini belum terwujud hingga beliau wafat pada tahun 1970.

Baca juga: Berdirinya FK UGM, Berdirinya RS UGM dari Kandang Kuda Serta Persiapan Pembangunan di Bulaksumur

Baca juga: Prof Dr dr Sardjito

Karier Sardjito terus menanjak, ketika diamanahkan untuk menjadi rektor pertama UGM yang ketika itu disebut Presiden Universiteit Negeri Gajah Mada pada 1949.

Pemegang penghargaan Bintang Mahaputera Tingkat III tahun 1960 ini, menjabat sebagai rektor UGM selama 12 tahun 9 bulan.

Era Perjuangan Babak IV: Era diresmikannya RSUP Dr.Sardjito- perjalanan penuh prestasi-Pengabdian-Prestasi-perkembangan hingga saat ini.

Babak ini mengilustrasikan modern RSUP Dr. Sardjito, dibuka dengan peresmian RS oleh presiden Soeharto.

Gayung bersambut, Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik pada awal 70-an, memungkinkan terwujudnya cita-cita Doktor Sardjito.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved