Kultur dan Budaya yang Dipegang Erat Masyarakat di Desa Wisata Plempoh Sleman

Tradisi dan budaya turun temurun ini dijaga secara terus menerus agar generasi selanjutnya tak lupa.

IG/@padukuhandawung
Kawasan Desa Plempoh yang masih asri. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Masyarakat Desa Plempoh masih melestarikan sejumlah tradisi dan budaya secara turun temurun.

Satu diantaranya yakni tradisi budaya seperti Mitoni.

Yaitu upacara tujuh bulanan kandungan, upacara Wiwitan yang dilakukan sebelum panen padi, dan juga Upacara Merti desa yang dilakukan untuk menutup kegiatan panen padi sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang melimpah.

Tak ketinggalan Desa Wisata Plempoh memiliki paket wisata kesenian tradisional berupa Kesenian Srandul dan Karawitan yang masih eksis hingga kini.

Jika anda berasal dari luar kota anda bisa memilih paket live in atau menginap di homestay yang berupa rumah-rumah penduduk.

Desa Wisata Plempoh

Paket Wisata Menarik di Desa Wisata Plempoh Sleman

Pengunjung benar-benar diajak untuk merasakan langsung bagaimana kehidupan sosial desa tentu yang mungkin berbeda dengan kehidupan kota.

Kita akan belajar berinteraksi dengan penduduk desa secara lebih dekat, tentu ini akan meninggalkan kesan yang hangat pada liburan anda.

Sebelum pulang, pengunjung bisa melihat-lihat koleksi produk seni yang dihasilkan masyarakat desa berupa batik, lukisan, topeng, keramik, dan lainnya.

Anda juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh. Jika anda berkunjung ke sini jangan melewatkan kuliner khas Desa Plempoh berupa wedang Plempoh dan sambel Plempoh yang terkenal.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved