Desa Wisata Plosokuning

Desa Wisata Plosokuning menjadi salah satu desa yang cukup aktif mempromosikan potensi desanya lewat sosmed.

Genpijogja.com
Keseruan bermain air di desa wisata Plosokuning. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Desa Plosokuning merupakan salah satu desa dengan potensinya yang cukup banyak. Bahkan desa ini cukup gencar mempromosikan potensinya di media sosial.

Sejarah

Berlokasi di Kecamatan Turi, Sleman, desa ini lahir di tahun 1800-an masehi.

Nama desa ini terinspirasi oleh pohon ploso yang berwarna kuning yang banyak tumbuh di persawahan petani desa tersebut saat desa ini didirikan.

Potensi

Desa wisata Plosokuning terdiri atas daerah pertanian salak yang asri, berudara sejuk dan memiliki panorama alam yang indah dan menyenangkan.

Desa wisata ini juga memiliki jalur sungai dengan air yang bening dan bersih.

Aneka tebing yang indah seperti tebing lumut dan tebing selimut rumput yang indah akan dijumpai para pengunjung.

Di Desa Wisata Plosokuning ini terdapat satu-satunya tebing warna-warni di Indonesia.

Tidak hanya tebing dan aliran sungai, desa wisata Plosokuning juga memiliki potensi keindahan yang lain, yakni air terjun, situs-situs legenda dan sumur Panguripan.

Desa Wisata Sendari

Hal Menarik

Sebagai sebuah desa wisata, desa wisata Plosokuning memiliki satu icon yang menjadi titik akhir penyusuran tracking sungai, yakni Kedung Kuning.

Kedung Kuning memiliki berbagai macam permainan yang patut dicoba seperti jembatan goyang, air mancur, rakit getek bambu, egrang, dan lain-lain.

Wisata di Plosokuning.
Wisata di Plosokuning. (Genpijogja.com)

Tak ketinggalan pula, berbagai spot foto disediakan oleh desa wisata Plosokuning supaya anda bisa eksis di media sosial.

Selain itu, atraksi wisata lain seperti giat membatik, seni tari kubro, dan kegiatan praktek pertanian siap memanjakan pengunjung ketika berada di dewa wisata ini.

Akomodasi

Untuk mencapai desa wisata ini dari stasiun kereta, terminal bis maupun bandara memang harus melewati daerah perkotaan yang agak padat.

Tetapi begitu masuk wilayah kecamatan Turi, udara sejuk dan jalanan yang lengang akan mulai membuat kita nyaman.

Pepohonan dan area persawahan yang masih mendominasi juga jadi pemandangan yang membuat pengunjung desa wisata ini langsung betah begitu sampai di sini.

Ada dua macam akomodasi yang ditawarkan desa wisata Plosokuning. Pilihan pertama adalah homestay berupa rumah-rumah warga yang bersih dan asri.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved