Asal Mula Desa Wisata Sendari di Sleman Hingga Kesenian Tradisional yang Masih Melekat

Sebelum menjadi desa wisata, Desa Sendari adalah desa yang sudah dahulu dikenal sebagai desa pengrajin kerajinan bambu.

Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
visitingjogja.com
Kerajinan bambu kualitas internasional jadi khas produk Desa Wisata Sendari. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Sebelum menjadi desa wisata, Desa Sendari adalah desa yang sudah dahulu dikenal sebagai desa pengrajin kerajinan bambu.

Selain karena memang terdapat banyak pohon bambu namun juga karena penduduknya berprofesi sebagai pengrajin bambu secara turun-temurun.

Di sini pengunjung tak hanya dibuat takjub dengan hasil kerajinan yang luar biasa namun kita juga bisa melihat kesenian tradisional yang masih berusaha untuk terus dilestarikan oleh penduduk desa.

Kesenian tradisional itu antara lain karawitan, jathilan hingga sajian Sastra Sendaren yaitu bentuk pentas yang mengambil kearifan dari kisah sesepuh desa yaitu Kiai Sendari.

Sastra Sendaren dipentaskan dalam bentuk macapat atau geguritan.

Desa Wisata Sendari masih menjunjung tinggi adat istiadat sehingga kita masih bisa menemukan kegiatan berupa kenduri, nyadran, dan aktivitas adat lainnya.

Salah satu yang tak boleh ketinggalan ketika anda berwisata tentunya adalah oleh-oleh.

Desa Wisata Tlatar Seneng

Selain bisa membeli kerajinan bambu sebagai oleh-oleh unik anda juga bisa membeli emping melinjo yang jadi makanan khas dan sering dijadikan buah tangan.

Desa Wisata Senduri masih terdapat rumah-rumah dengan konsep tradisional yang mungkin sudang jarang ditemui di tempat lainnya.

Ketika kita kesini kita bisa menemui bangunan rumah berbentuk limas yang menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk mengambil foto.

Bentuk dan suasananya yang klasik menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved