Keunikan Hingga Potensi Desa Wisata Pentingsari yang Patut Dicoba

Banyak hal unik dan menarik yang bisa menjadi daya tarik saat berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari. Apa saja itu?

desawisatapentingsari.com
Para peserta kunjungan saat belajar menanam padi di desa wisata Pentingsari Sleman. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Setelah puas melakukan berbagai aktivitas di desa wisata pentingsari, wisatawan bisa juga mengunjungi berbagai obyek wisata yang ada di sekitar kawasan Desa Pentingsari.

Sama seperti di Tanjung. Masyarakat di Desa Wisata Pentingsari juga berprofesi sebagai petani. Suasana tradisional juga sangat terasa di desa wisata ini.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi antara lain Kaliurang dan Kali Kuning dengan pemandangan landscape Merapinya yang sangat indah, Pancuran Sendangsari yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, Batu Luweng yang menjadi saksi perjuangan Pangeran Dipenogoro melawan Belanda, Watu Gendong, Watu Payung dan masih banyak lainnya.

Desa Pentingsari juga memiliki Joglo Herbal, yaitu joglo yang dikhususkan untuk konsultasi pengobatan herbal.

Disini wisatawan bisa berkonsultasi mengenai tanaman-tanaman herbal yang memiliki khasiat tertentu. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa mendapatkan bibit tanaman herbal dan berbagai sayuran organic.

Desa wisata Pentingsari punya potensi besar sebagai salah satu destinasi wisata unggulan, selain memiliki pemandangan yang indah di latari landskap megahnya gunung Merapi, desa wisata ini memiliki 3 aspek unggulan yang membuatnya selalu ramai dikunjungi.

Desa Wisata Pentingsari

Yang pertama adalah keunikan alamnya yang terjaga, disini kamu dapat melihat hamparan sawah yang luas membentang.

Yang kedua sistem kerja dan perberdayaan masyarakat sekitar, dapat kamu lihat hampir semua tenaga kerja dan pengelola desa wisata Pentingsari adalah warga lokal.

Yang ketiga adalah budaya, warga lereng Merapi pada umumnya masih memegang teguh budaya Jawa, bisa dilihat dengan bentuk rumah khasnya yaitu Joglo, bahkan Homestay yang ada di sini kebanyakan berbentuk rumah khas Yogyakarta tersebut.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved