Potensi Wisata Lain dan Wisata Edukasi di Desa Wisata Bokesan

Tak hanya perikanan. Ada beberapa potensi desa lain dari Bokesan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Instagram/@minawisatabokesan
Mahasiswi saat mengunjungi Desa wisata Bokesan. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Desa wisata selalu memiliki daya tarik dengan keunikannya. Baik dari mata pencaharian, makanan maupun tradisi uniknya. Anda pun bisa melihat keunikan desa wisata ini saat mengunjunginya.

Beberapa diantara tradisi yang bisa menjadi potensi wisata bagi para pengunjung untuk belajar tradisi budaya, diantara yaitu upacara mitoni atau upacara selamatan usia kehamilan 7 bulan, upacara puputan atau upacara putusnya tali pusar bayi, jagongan, selapanan, khitanan, pernikahan dan lainnya.

Artinya saat wisatawan berkunjung ke desa tersebut pada saat warga ada yang menjalankan tradisi tersebut otomatis mereka pun bisa melihat prosesinya. Tentu saja tidak setiap saat bisa melihatnya.

Belakangan desa ini juga dikunjungi para siswa Sekolah Dasar, mereka tidak hanya berkunjung untuk berenang saja.

Desa Wisata Bokesan

Tetapi anak-anak tersebut melakukan wisata edukasi. Mereka belajar bagaimana mencintai lingkungan. Khususnya bagaimana menjaga kelestarian air dan ingkungan.

Misanya mengetahui tentang jenis-jenis tanaman yang baik untuk peresapan air. Sehingga baik untuk perkembangan anak-anak tersebut saat dewasa nanti.

Selain itu saat berkunjung ke Desa Wisata Bokesan anak-anak tersebut juga diajak untuk memberi makan ikan-ikan dalam kolam yang lebar sehingga mereka pun senang dengan ikan-ikan yang saling berkumpul dan berebut makanan.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved