Visi Misi hingga Keistimewaan Museum Ullen Sentalu di Kaliurang Sleman

Salah satu tujuan dari Museum Ullen Sentalu adalah untuk menjadi jendela peradaban seni dan budaya jawa.

Instagram/@ullensentalu
Bangunan di Museum Ullen Sentalu. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Visi Museum Ullen Sentalu adalah untuk berfungsi sebagai jendela peradaban seni dan budaya Jawa.

Sedangkan misi Museum Ullen Sentalu menurut situs resmi museum ini adalah untuk mengumpulkan, mengkomunikasikan dan melestarikan warisan seni dan budaya Jawa yang terancam pudar guna menumbuhkan kebanggaan masyarakat pada kekayaan budaya Jawa sebagai jati diri bangsa.

Sementara itu, Museum yang pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia pada 2015 oleh National Geographic ini memiliki sederet keistimewaan.

Museum Ullen Sentalu berbeda dari museum-museum lain yang ada di Yogyakarta. Museum ini mengembangkan paradigma baru.

Berbagai hal yang unik diaplikasikan di museum ini untuk membuatnya menjadi museum yang menarik, bukan museum yang membosankan.

Museum Ullen Sentalu

Contohnya, koleksi-koleksi museum ini tidak diberi label. Jadi, museum ini mengandalkan tour guide untuk menjelaskan segala sesuatu yang ada disana.

Tentunya, mendengarkan penjelasan dari seorang tour guide saat mengunjungi sebuah museum jauh lebih menarik daripada sekedar melihat-lihat berbagai benda koleksi museum yang diberi label.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved