Museum Ullen Sentalu Pernah Dinobatkan sebagai Museum Terbaik Tanah Air

Tak perlu heran saat berkunjung ke Museum satu ini. Banyak keunikan dan keistimewaan yang ada disana.

Instagram/@ullensentalu
Salah satu sudut bangunan di Museum Ullen Sentalu. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Museum Ullen Sentalu berada di dalam Taman Kaswargan, Kaliurang, Sleman, DIY. Museum Ullen Sentalu adalah museum yang unik.

Museum ini tidak dioperasikan oleh sebuah institusi, melainkan sebuah perusahaan. Museum swasta ini beoperasi dibawah naungan Yayasan Ulating Blencong.

Selain itu, museum ini juga tidak memanfaatkan gedung yang merupakan cagar budaya. Museum ini menempati sebuah gedung baru yang sengaja dibangun pada sebuah lahan kosong.

Menapakkan kaki di kawasan Museum Ullen Sentalu terasa balutan hawa sejuk (15-25° Celcius) dan suasana hening yang menyatu dengan alam pegunungan disekitranya yang sekaligus memberikan rasa damai serta khidmat.

Area seluas 1,2 hektar yang dikembangkan secara bertahap tersebut bernama nDalem Kaswargan atau Rumah Surga, dimana Museum Ullen Sentalu berada.

Museum Ullen Sentalu

Museum Gunungapi Merapi (MGM)

Jalan masuk menuju ruang pamer museum maupun artshop dan restoran berupa kelokan, undakan, serta labirin akan memberikan nuansa nostalgia, perenungan dan keindahan.

Beberapa bagian bangunan dan unsur yang melengkapinya, seperti gapura, dinding tembok, taman, kolam, mencerminkan keagungan budaya leluhur yang sudah ada sejak masa silam.

Berbagai jenis unsur bangunan Jawa terlihat pada layout dan struktur bangunan bergaya Indis dan post-mo yang bersatu-padu menciptakan harmoni secara menakjubkan.

Koleksi berupa lukisan dan foto foto tokoh sejarah budaya Mataram Islam, kain batik vorstenlanden, karya sastra, arca arca kebudayaan Hindu Buddha, dan koleksi etnografi era Mataram Islam.

Itu membingkai kisah sosial ekonomi politik seni sejarah dan budaya Jawa, terutama kisah para putri di kraton Mataram yang tidak banyak dikisahkan kepada masyarakat awam.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved