Informasi Menarik di Museum Gunungapi Merapi Sleman

Kurang lebih ada lima informasi penting yang dapat diambil oleh wisatawan saat berkunjung ke Museum Gunungapi Merapi

Instagram/@museummerapisleman
Bangunan depan museum gunungapi merapi di Sleman. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Museum Gunungapi Merapi (MGM) hadir untuk menjadi wahana edukasi sekaligus rekreasi bagi banuak pihak.

Banyak informasi yang bisa didapat saat mengunjungi museum yang dikelola dibawah Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman ini.

Informasi menarik yang ada di Museum Gunungapi Merapi:

1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi, dicerminkan diantaranya dalam informasi model pembentukan, mekanisme terbentuknya maupun proses-proses yang menyertainya.

2. Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunungapi, struktur geologi gunungapi, produk hasil letusan gunungapi, dan produk-produk hasil proses lainnya.

Museum Gunungapi Merapi (MGM)

Profil Museum Gunungapi Merapi di Sleman

3. Informasi mitigasi bencana gunungapi, gempabumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk informasi sistem monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya menyangkut sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunungapi, kegempaan dan gerakan tanah.

4. Informasi sumberdaya gunungapi, sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infra-struktur dan lainnya.

5. Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya/tradisi, mitos dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan keberadaan suatu gunungapi.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved