Desa Wisata Tanjung

Meski terkesan tak ada yang spesial. Namun Desa Wisata Tanjung menawarkan pengalaman seni dan budaya yang kuat.

Ist
Ilustrasi. Bangunan di Desa Wisata Tanjung, Sleman. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Desa Wisata Tanjung merupakan salah satu desa wisata yang mengangkat kebudayaan yang masih dijunjung tinggi hingga saat ini.

Lokasi

Lokasi Desa Wisata Tanjung bersebelahan persis dengan Desa Wisata Brayut. Yakni di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Nganglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Keunggulan

Sepintas, tidak ada yang spektakuler di Desa Wisata Tanjung. Rumah-rumah warga sebagian besar adalah rumah tembok, bukan kayu. Artinya, tidak ada eksotisme yang dibuat-buat di sana.

Tetapi justru jika tinggal sejenak dalam keaslian pergaulan masyarakat desa di pinggiran kota, menginaplah di sana, terlibatlah dalam aktivitas sehari-hari penduduknya.

Bahkan, jika sempat mengikuti ritual wiwitan yang digelar setiap kali akan memanen padi, wisatawan juga berkesempatan menikmati nasi megana serta lemper istimewa bikinan warga yang mereka sebut lemper smarandana.

Agenda Menarik dan Paket Wisata

Desa Wisata Tanjung biasa menjadi tempat tujuan untuk mengikuti paket menginap (live-in) di tengah keluarga pedesaan.

Agenda menarik, selain merasakan terlibat dalam aktivitas keseharian induk semang, juga mengikuti ritual budaya tradisi yang masih terpelihara seperti tedhun (ritual sebelum menanam padi), wiwitan (ritual sebelum menuai padi), sadranan (mendoakan leluhur), selikuran (menyambut akhir Ramadhan), atau Suran (menyambut bulan Muharam).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved