Desa Wisata Rumah Domes

Berawal dari bencana gempa pada 2006. Pemukiman penduduk yang luluhlantah ini diubah menjadi rumah dengan bangunan unik.

IG/@rumahdomes
Bentuk bangunan rumah domes di Sleman, DIY. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Desa Wisata Rumah Domes adalah salah satu desa wisata yang terbilang unik di Yogyakarta. Desa ini juga biasa disebut dengan New Nglepen atau Rumah Teletubbies.

Desa wisata ini berlokasi di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta.

Desa wisata ini sangat unik karena menyuguhkan pemandangan desa wisata yang tak ditemui di kawasan lain.

Pengunjung akan melihat deretan rumah-rumah berbentuk dome menyerupai rumah tradisional Suku Eskimo yaitu Iglo.

Apalagi rumah-rumah itu diberi cat warna-warni sehingga semakin menambah kesan menarik dan lucu. Aktivitas di sini cukup menarik, pengunjung bisa berjalan-jalan di kawasan desa dengan deretan rumah domes di kanan dan kiri.

Di beberapa titik sudah dilengkapi spot foto khusus untuk mengabadikan momen anda berkunjung di Rumah Domes.

Sejarah

Rumah domes dibangun bukan tanpa sebab, awalnya rumah domes ini hanya perkampungan biasa namun terkena dampak gempa tahun 2006 yang meluluhlantakan tempat tinggal warga.

Hingga datang bantuan dari NGO dan membangun rumah berbentuk dome agar kuat dari goncangan gempa. Ketika pertama dibangun rumah-rumah tersebut masih berwarna putih polos dan hanya sekadar dijadikan tempat tinggal.

Rumah Domes dari ketinggian.
Rumah Domes dari ketinggian. (Ig/@rumahdomes)

Semakin lama banyak orang yang penasaran dan berkunjung untuk melihat bentuk rumah dome yang terbilang tidak biasa dibangun di kawasan tropis.

Berangkat dari situlah gagasan menjadikan Rumah Domes sebagai desa wisata muncul. Saat ini pengunjung tak hanya datang dari dalam wilayah Yogyakarta saja namun juga dari luar Yogyakarta.

Menuju Lokasi

Dari pusat Kota Yogyakarta anda perlu bergerak ke arah timur menuju Candi Prambanan, dari pertigaan lampu merah Prambanan belok ke arah kanan menuju ke arah kecamatan Piyungan, dan ikuti papan petunjuk arah menuju lokasi yang tersedia.

Tiket masuk

Untuk bisa melihat keunikan dari rumah-rumah domes yang warna-warni ini pengunjung dipatok biaya retribusi sebesar Rp 5000,- Bagi yang penasaran dengan bagian dalam rumah pengunjung boleh masuk dengan membayar Rp10.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap antara lain terdapat kamar mandi, mushola, area parkir, dan kedai makanan.

Jam Operasional

Rumah Domes buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Identitas

Nama: Desa Wisata Rumah Domes
Alamat: Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta
Potensi: Bangunan rumah domes

Sumber

pariwisata.slemankab.go.id
Anjar Gunadi Sie Promosi Dispar Sleman

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved