Taman Nasional Gunung Merapi

Taman nasional gunung merapi sejatinya terletak diantara dua provinsi yakni Jawa Tengah dan DIY.

Ist/kupuhitamputih
Taman Nasional Gunung Merapi. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Gunung Merapi'>Taman Nasional Gunung Merapi berlokasi di kawasan Gunung Merapi Sleman, DI Yogyakarta.

Kawasan ini merupakan hutan lindung dan konservasi sumber daya alam yang dilindungi. Suasana di kawasan ini sangat sejuk dan menjadi sumber air bagi sistem kehidupan air DIY dan Jawa Tengah.

Dari lokasi ini jika cuaca cerah kita bisa melihat megahnya Gunung Merapi dengan jarak yang sangat dekat dan panorama alam sekitar yang indah dan masih alami.

Lokasi Outbond dan Tracking

Taman Nasional Gunung Merapi juga sangat cocok untuk kegiatan outbond dan tracking jelajah alam.

Banyak kelompok pecinta alam yang datang ke sini untuk berlatih navigasi darat. Jika anda pecinta gunung, maka wajib untuk datang ke sini karena Merapi memiliki jalur pendakian yang menarik.

Jalurnya dinilai aman sehingga banyak pendaki yang mencoba menaiki gunung api paling aktif di dunia ini. Untuk jalur pendakian, pendaki hanya dibatasi sampai Pasar Bubrah karena jika melebihi batas tersebut sangat berisiko.

Jalur pendakian yang bisa diambil melalui Desa Kinahrejo, desa ini berjarak kurang lebih 9 km dari puncak Gunung Merapi dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 10 jam.

Taman Kaliurang

Aneka Satwa

Gunung Merapi masih memiliki kawasan hutan yang lebat, dan terdapat aneka satwa liar seperti monyet dan burung Elang Jawa yang bisa kita dengar suaranya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved