Asal Muasal Munculnya Lava Bantal di Berbah Sleman

Sejarah mengenai lava bantal ini menarik dipelajari hingga menjadi objek penelitian karena sejarahnya

Instagram/@norman.adinegoro
Kawasan wisata lava bantal Berbah Sleman. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Pernah mengunjungi wisata lava bantal yang berada di Berbah Sleman?

Wisata Geo-heritage ini menawarkan pesona alam yang jarang terjadi di kawasan lain. Yakni gundukan bebatuan yang memiliki struktur dan bentuk yang unik dan khas.

Usul punya usul, batuan-batuan tersebut yang diyakini adalah Lava cair yang dulunya bersuhu tinggi dan merupakan hasil erupsi gunung api lalu membeku dengan cepat.

Pembekuan itu terjadi karena terkena air dan lantas membentuk gumpalan-gumpalan batu yang menyerupai bantal.

Bebatuan yang lebih dikenal dengan sebutan Lava bantal ini dipercaya sebagai bukti yang menunjukan proses awal gunung api purba di pulau Jawa.

Alhasil batuan-batuan yang terdapat di sisi aliran sungai Opak ini semakin mempercantik kondisi sungai.

Selain digunakan sebagai objek wisata yang menarik dan unik. Lava bantal ini juga kerap digunakan untuk objek penelitian studi.

Bebatuan seperti ini hanya bisa ditemui di beberapa bagian selatan Jawa saja selain di Berbah, temuan serupa juga dapat diperoleh di Bayat Klaten, Pacitan Jawa Timur dan Jampang Jawa Barat.

Lava Bantal Berbah Sleman

Bunker Kaliadem

Keunikan lain dari Lava Bantal, yakni hanya dalam satu lokasi, dimana lava bantal berada tepat diseberang sungai Opak ada fenomena lain berupa endapan debu vulkanik yang cukup tebal.

Endapan tersebut diyakini sebagai bukti adanya erupsi gunung api strato di masa silam.

Selain aliran sungai yang berpadu dengan batuan lava bantal, kalian yang datang di lokasi wisata ini juga akan disuguhkan pemandangan alam dan hamparan padang rumput nan hijau yang cukup luas.

Suasana yang masih asri dan udaranya yang sangat sejuk menjadikan wisata lava bantal ini makin banyak diminati para wisatawan.

Kawasan wisata ini ternyata juga telah terintegrasi dengan wisata Embung Tegaltirto. Kedua wisata ini terletak di sisi timur dan barat Sungai Opak.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved