Trik Sukses dan Strategi Agar Karya Ilmiah Dipublikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

Agar karya ilmiah sukses dan bermanfaat, ada trik dan tips khusus yang harus menjadi perhatian para peneliti

Ist
Suasana workshop online Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi bagi Dosen, Jumat (24/7/2020) lalu. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Ketua Umum Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI), Dr. Puji Lestari, M.Si., menjabarkan dalam Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi bagi Dosen, Jumat 24 Juli lalu bahwa pemerintah memiliki kebijakan agar kaum intelektual wajib menulis dan menghasilkan karya ilmiah hasil penelitian.

Seorang sarjana harus menghasilkan skripsi sebagai tugas akhirnya. yang harus dipublikasikan melalui repository atau terbit pada jurnal ilmiah, sebagai syarat kelulusannya.

Untuk lulus program Magister, lebih berat lagi karena harus menghasilkan tesis atau artikel yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal internasional.

"Program Doktor, jenjang yang paling sulit, mengharuskan kandidat menghasilkan disertasi atau karya ilmiah terbit pada jurnal internasional bereputasi. Hasil penelitian dipublikasikan agar dibaca, didiskusikan, dan ada yang diterapkan di masyarakat untuk pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni," bebernya dalam pelatihan yang diadakan oleh APJIKI dan Universitas Bakrie Jakarta, secara virtual ini.

Workshop yang menghadirkan pembicara Prof.Dr. Rajab Ritonga, M.Si., dari Universitas Prof.Dr. Moestopo (Beragama), dan Dr. Puji Lestari, M.Si., dari UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNVY) ini, bertujuan menambah pengetahuan menulis dan mendorong dosen-dosen dalam meningkatkan penulisan karya ilmiah di Jurnal Internasional Bereputasi dan jurnal terakreditasi.

Prof. Rajab Ritonga selain menjelaskan tentang strategi penulisan artikel di jurnal internasional, juga mereview beberapa artikel yang masuk.

Peserta berasal dari beberapa perguruan kota yakni dari Medan, Yogyakarta, dan Jakarta, bahkan ada peserta yang sedang berada di luar negeri.

Selain membekali peserta cara mempersiapkan penulisan karya atau artikel ilmiah, Puji Lestari juga mereview 11 artikel yang dikirim dari peserta.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Puji Upaya Grab Tekan Laju Penyebaran Wabah Covid-19

Hotel Berbintang Dekat Bandara Adi Sutjipto dan Candi Prambanan

Puji Lestari yang berpengalaman menulis artikel jurnal internasional bereputasi atau terindeks scopus, dan banyak jurnal nasional terakreditasi Sinta ini, mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian para dosen dan peneliti.

Serta dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi. Kegiatan sharing seperti ini penting diadakan untuk upgrade pengetahuan dan keterampilan para dosen.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved