Riwayat Hingga Keunikan Studio Alam Gamplong

Wisata Mini Hollywood-nya Yogyakarta ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan domestik.

Instagram/@yhogasetiawan51
Wisatawan tengah berfoto dengan latar salah satu sudut di Studio Alam Gamplong. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Wisata ini menjadi pembicaraan publik akhir-akhir ini. Pasalnya, lokasinya menawarkan spot-spot menarik untuk berfoto.

Dengan suasana vintage dan lawas membuat wisatawan betah berlama-lama untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

Studio Alam Gamplong merupakan destinasi wisata yang mulai dibangun pada akhir 2017, tempat ini dibangun oleh Mooryati Soedibyo selaku pendiri sekaligus pemilik Mustika Ratu Group.

Destinasi wisata yang berdiri diatas lahan seluas dua hektar ini pada awalnya dibangun untuk keperluan shooting film Sultan Agung The Untold Story.

Sekedar informasi saja film Sutan Agung merupakan film bergenre drama kolosial yang bercerita tentang perjuangan Sultan Agung. Film ini disutradarai oleh sutradara kenamaan tanah air yaitu Hanung Bramantyo.

Film yang juga dibintangi oleh Puteri Indonesia 2015 Anindya Putri ini mengambil setting abad ke 16 dan 17, lalu setelah dilakukan riset yang mendalam untuk lokasi syuting oleh pihak Hanung Bramantyo dan tim dari Mooryati Soedibyo maka terpilihlah Desa Wisata Gamplong sebagai lokasi syuting nya.

Studio Alam Gamplong

Upside Down World Jogja

Lokasinya yang masih asri menjadikan Desa Wisata Gamplong dirasa sebagai lokasi yang pas untuk pembuatan film ini, selanjutnya setelah terpilih sebagai lokasi syuting lahan seluas 2 hektar ini diubah menjadi kawasan Indonesia zaman dulu.

Berbagai macam bangunan semi permanen yang mencerminkan kehidupan Bangsa Indonesia pada abad ke 16 dan 17 berdiri dikawasan ini, mulai dari Gerbang Keraton Karta Kerajaan Mataram, Pendopo Alit Keraton Karta, Pendopo Ageng Keraton Karta, Benteng Holandia atau Batavia, Kawasan Kampung Mataram, hingga Kampung Pecinan masa lampau ada di tempat ini.

Bangunan-bangunan tersebut menjadi daya tarik utama dari tempat ini, nuansa Indonesia pada abad 16 dan 17-an menjadi background foto yang menarik, selain itu masih banyak lagi properti dan bangunan Indonesia Tempoe Doeloe yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved