Asal Usul dan Sejarah Desa Wisata Ketingan

Meski awalnya hanya dianggap sebagai hewan pengganggu, namun kini burung ini menjadi destinasi khas dan magnet wisatawan

Instagram/@yanuar_surya
burung blekok atau kuntul saat hinggap di pohom yang ada di sekitar Desa Wisata Ketingan, Sleman. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Desa Wisata ini justru berawal dari kehadiran burung-burung kuntul yang meresahkan warga karena dianggap hama, siapa sangka kini desa ini menjadi salah satu desa wisata unggulan di daerah Sleman.

Desa Wisata Ketingan inilah yang hingga saat ini terkenal dengan desa wisata Burung Kuntul (Bangau).

Sejarah desa wisata ini bermula dari peresmian jalan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 1997.

Pada saat acara itu berlangsung tiba -tiba banyak sekali burung Kuntul/Blekok datang ke desa itu, semakin hari burung itu bertambah banyak dan bersarang di pohon - pohon desa ini sampai sekarang.

Pada awalnya warga Ketingan khawatir akan keberadaan kawanan burung yang bermigrasi ke desa mereka pada saat memasuki musim kawin tepatnya saat musim penghujan tiba.

Desa Wisata Ketingan

Rute Menuju Desa Wisata Gamplong

Warga khawatir burung-burung ini akan mengganggu tanaman padi dan melinjo yang menjadi sumner utama penghasilan mereka. Beberapa warga pun mencoba mengusir kawanan burung ini.

Namun alih-alih pergi, justru mereka berkembang biak dan populasinya semakin banyak. Akhirnya warga pun membiarkan kawanan burung ini, bahkan kini desa ini menjadi dusun konservasi burung kuntul di Yogyakarta.

Birdwatching atau mengamati burung menjadi aktivitas favorit bagi para wisatawan, terutama bagi mereka yang menyukai dunia binatang.

Selain itu, pada bulan September, wisatawan dapat menyaksikan acara adat Merti Bumi yang menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti kirab, kenduri, dan pagelaran wayang.

Merti Bumi sendiri dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Sang Pencipta atas hasil bumi yang melimpah.

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved