Di Tengah Pandemi Corona, Pemerintah Daerah Ngawi Sambut Baik KKN Daring UGM

Pemda bersedia mendukung program dan menyediakan saran prasarana hingga pemateri untuk menyukseskan program KKN UGM

Di Tengah Pandemi Corona, Pemerintah Daerah Ngawi Sambut Baik KKN Daring UGM
Ist
Kepala Bidang LITBANG BAPPELITBANG Kabupaten Ngawi, Sargian Januardy SH MM saat memberikan masukan terhadap usulan program KKN-PPM UGM via daring, Rabu (24/6/2020). 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, SLEMAN - Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2020 ini diselenggarakan secara daring (online). 

Keputusan ini dalam rangka untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Kepala Subdirektorat Kuliah Kerja Nyata, Dr. Ir. Ambar Kusumandari, M.E.S. saat memberikan pembekalan kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) beberapa waktu yang lalu menegaskan pihaknya tak ingin ambil resiko terkait pelaksanaan KKN. 

"Kita tidak ingin mahasiswa UGM menularkan Covid-19 kepada masyarakat di lokasi KKN. Demikian pula sebaliknya," jelasnya. 

Hal ini sejalan pula dengan Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan dendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19 dan SE Rektor UGM Nomor 1606/UN1.P/HKL/TR/2020 mengenai tanggap darurat Covid-19 di lingkungan UGM.

Ikut Andil Penanganan Covid-19 di Dalam dan Luar Negeri, Menlu Apresiasi Kiprah Aisyiyah

Peduli Warga Sekitar yang Terdampak Covid-19, BP Paud dan Dikmas DIY Bagikan Paket Sembako

Kendati dilaksanakan secara daring, salah satu pemerintah daerah yang menjadi lokasi KKN yakni Pemerintah Kabupaten Ngawi menyambut gembira rencana KKN online ini. 

Bahkan pihaknya bersedia untuk mengusahakan pembicara webinar dan fasilitasi dari beberapa dinas terkait, seperti Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja, dan Dinas Kesehatan untuk menyukseskan program KKN yang dilakukan oleh mahasiswa UGM. 

Koordinasi online via Webex juga sudah dilakukan untuk menyempurnakan usulan program kerja KKN. 

Kepala Bidang LITBANG BAPPELITBANG Kabupaten Ngawi, Sargian Januardy, SH. MM. menekankan pentingnya pelibatan generasi muda yang sudah familiar IT dan mengingatkan keberadaan blankspot di lokasi KKN.

"Pembuatan master plan dan pembaharuan website desa, serta pengusahaan tanaman telang (Convolvulus pluricaulis) sangat menarik. Masyarakat perlu diberdayakan kemampuan IT-nya untuk memasarkan wilayahnya. Apalagi saat ini Agro Techno Park (ATP) Ngawi telah selesai sehingga mohon dapat disinergikan," harap Sargian Januardy saat melakukan koordinasi online belum lama ini.    

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved