Industri Kreatif di Yogyakarta Kaloka Pottery Ambil Hikmah dan Siasat saat Pandemi Covid-19

Kaloka Pottery mengambil hikmah dan mencari siasat saat pandemi covid-19 saat ini.

Industri Kreatif di Yogyakarta Kaloka Pottery Ambil Hikmah dan Siasat saat Pandemi Covid-19
Dok Kaloka Pottery
Founder dan Owner Industri Kreatif Kaloka Pottery. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYAKARTA - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beberapa bulan terakhir memberi dampak yang signifkan bagi perputaran ekonomi khususnya sektor UMKM. Salah satunya pelaku usaha yang merasakan dampak dari pandemi ini adalah Francisca Puspitasari, pemilik industri kreatif yang ada di Kota Yogyakarta.

Founder dan owner produk keramik Kaloka Pottery ini telah menutup store dan studionya sejak awal maret lalu.

Kika, sapaannya, menuturkan studio Kaloka Pottery yang berada di Bausasran, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta ini terbuka untuk umum. Dalam sehari bisa ratusan orang yang berkunjung melihat langsung proses produksi.

"Semenjak ada Covid-19 online semua. Wes saya tutup offline store," katanya.

Dari pengalaman itu, ibu dari Cinde Gaharu dan Soca Ling Respati itu harus belajar menerapkan real online untuk bangkit dan mempertahankan bisnis yang dirintisnya sejak 2016 itu.

"Ya diakui awal-awal rasanya syok, panik, gagap harus apa. Biasanya ketemu dengan orang terus ndak pernah sama sekali," ujarnya.

Dengan ketekunanya, usahanya mulai stabil. Bahkan pada masa pandemi ini Kaloka Pottery tidak merumahkan satu orang karyawan pun, malah menambah. Order juga bertambah seiring pesanan via medsos.

"Ada hikmah dari keadaan ini, saya merasakan pasar baru, dari yang tadinya hanya mengandalkan hotel, resto maupun coffeshop saja," jelasnya.

Di sisi lain dia juga harus jeli dan tidak sembarangan memilih jasa pengiriman barang ke konsumen. Terlebih order sekarang kebanyakan via online dan harus dikirim secepatnya. Dia mempercayakan jasa pengiriman barang antardaerah menggunakan jasa JNE Express.

Setiap harinya, Kika mengirim setidaknya 50 paket yang harus dikirim ke beberapa daerah. Dia menilai JNE mudah, cepat, dan sangat komunikatif dalam segala hal.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved