Sejumlah KA Reguler dan KA Lokal di Daop 6 Yogyakarta Kembali Dibuka

Sejumlah kereta api kembali diperasikan menyusul era normal baru ditengah pandemi covid-19.

Sejumlah KA Reguler dan KA Lokal di Daop 6 Yogyakarta Kembali Dibuka
Dok Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta
Kondisi KA di Daop 6 Yogyakarta yang berhenti karena pembatalan perjalanan akibat dampak covid-19 hingga 31 Mei 2020. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali membuka sejumlah perjalanan KA.

PT KAI Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api Reguler Jarak Jauh dan KA Lokal Prameks secara bertahap untuk melayani masyarakat mulai 12 Juni 2020.

Perjalanan kembali KA reguler ini mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 dan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan sebelumnya PT KAI Daop 6 Yogyakarta membatalkan sementara seluruh perjalanan KA Reguler dan membatalkan sementara sebagian perjalanan KA Lokal Prameks, namun mulai Jumat, 12 Juni 2020 terdapat beberapa KA Reguler dan KA Lokal Prameks yang akan kembali dijalankan.

"Operasinya kembali sejumlah KA ini sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan," katanya tempo hari.

Selain itu Eko Budiyanto juga mengungkapkan bahwa pengoperasian kembali KA Reguler ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat untuk pencegahan penyebaran Covid-19 melalui transportasi kereta api.

Untuk sementara secara bertahap Daop 6 mulai mengoperasikan kembali 8 perjalanan KA Jarak Jauh dan 6 perjalanan KA Lokal yang dijalankan kembali mulai 12 Juni 2020 untuk seluruh lapisan masyarakat yang ingin bepergian menggunakan kereta api.

Kereta Api yang dioperasikan kembali pada tahap awal ini di antaranya kereta dari dan menuju Stasiun Kiaracondong, Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Wates, Yogyakarta, Klaten, Purwosari, Solo Balapan, Sragen, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapang, dan berbagai stasiun lainnya sesuai jadwal perjalanan KA Reguler yang beroperasi.

KAI Mulai Operasikan Kereta Api Luar Biasa untuk Masyarakat Umum

Khusus untuk KA Lokal yang dijalankan mulai 12 Juni, merupakan penambahan frekuensi perjalanan pada KA yang saat ini sudah beroperasi.

Untuk melakukan pembelian tiket, tambah Eko, masyarakat dapat memesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA.

"Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," katanya.

Pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan.

KAI Daop 6 Yogyakarta Resmi Perpanjang Pembatalan Operasional KA Reguler dan KA Bandara

Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Khusus untuk perjalanan KA Jarak Jauh penumpang diharuskan mengenakan Face Shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved