KAI Kembali Operasikan Sejumlah KA, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penumpang

Beroperasi ditengah pandemi, membuat PT KAI menerapkan sejumlah aturan ketat bagi penumpang KA

KAI Kembali Operasikan Sejumlah KA, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penumpang
Ist
Kereta Api Luar Biasa (KLB) saat melintas di dtasiun Yogyakarta dalam keadaan sepi penumpang. 

TRIBUNJOGJAWIKI.COM, YOGYAKARTA - PT KAI Daop 6 Yogyakarta kembali mengoperasikan sejumlah perjalanan Kereta Api Reguler Jarak Jauh dan KA Lokal Prameks secara bertahap untuk melayani masyarakat mulai 12 Juni 2020.

Sejumlah persyaratan ketat diberlakukan agar moda transportasi ini tetap aman dari penularan virus covid-19.

Disebutkan, bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Eko Budiyanto Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta mengatakan bagi calon penumpang KA Jarak Jauh diharuskan melengkapi persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 No 7 Tahun 2020.

Berkas-berkas tersebut harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding diantaranya dengan menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas test PCR dan/atau Rapid Test.

Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

Sejumlah KA Reguler dan KA Lokal di Daop 6 Yogyakarta Kembali Dibuka

Pastikan Higienitas, Hotel Tentrem Yogyakarta Pasang UV Filter di Pendingin Udara

"Selain itu, khusus bagi calon penumpang yang akan bepergian dari dan menuju Provinsi DKI Jakarta, diharuskan memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) DKI Jakarta," bebernya beberapa waktu lalu.

Khusus untuk perjalanan KA Jarak Jauh penumpang diharuskan mengenakan Face Shield yang disediakan oleh KAI selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Secara umum, kata Eko, setiap penumpang KA Jarak Jauh maupun Lokal diharuskan dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, wajib menggunakan masker, dan menggunakan pakaian lengan panjang atau jaket.

"Jika saat proses boarding penumpang kedapatan tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka tidak diperkenankan melakukan perjalanan dan tiket dapat dibatalkan dengan pengembalian bea penuh," katanya.

KAI baru menjalankan sebagian perjalanan KA Reguler dengan pertimbangan penerapan PSBB di berbagai wilayah serta permintaan dari masyarakat.

"Pengoperasian kembali KA reguler ini akan terus kami evaluasi perkembangannya," tutupnya.

Ikuti kami di
Penulis: Wahyu Setya Nugraha
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved